PENUAAN WAJAH DAN BAGAIMANA PROSES TERJADINYA

Penuaan wajah dan bagaimana proses terjadinya sama dengan penuaan bagian tubuh lain secara keseluruhan. Hanya penuaan  wajah lebih mudah dideteksi. Dan lebih menimbulkan sensasi. Tentu saja sensasi kecemasaan pada wanita.

Penuaan wajah dan bagaimana proses terjadinya sama
Penuaan wajah dan bagaimana proses terjadinya. Sumber pixabay.com

Mengapa? Karena wajah adalah bagian tubuh yang paling gampang terlihat. Ibarat sebuah jendela. Saat memandang wajah seseorang kita bisa dengan mudah mengamati adanya garis kerutan, penurunan kontur, tidak kencang dan keriput. Semua adalah perangkat indikator proses penuan yang sedang terjadi.

Penuaan akan mulai jelas terlihat saat memasuki usia 30 tahun. Bila saat ini usia anda masih sekitar 20 tahun, jelas kulit masih terlihat kencang dan kenyal. Tantangan terberat saat usia memasuki 40 tahun. Apabila kulit mengalami penuaaan dini, anda bahkan bisa terlihat seperti sudah berumur 50 tahun.

Kita bisa mengusahakan perlambatan tampilan proses penuaan pada wajah. Berbagai macam perawatan ditawarkan dari yang alami sampai membutuhkan biaya  sangat mahal.

Namun harus disadari ada sejumlah faktor internal dan ekternal yang berperan memperkuat. Sehingga seseorang bisa terlihat lebih muda atau lebih tua dari usianya. Yang terpenting perawatan wajah secepatnya lebih baik dilakukan untuk mencegah proses penuaan lebih dini.

Proses terjadi penuaan wajah

Penuaan wajah terjadi karena faktor internal dan faktor ekternal. Faktor internal lebih mengacu pada proses fisiologis normal tubuh sebagai tahapan fase kehidupan, jadi tidak bisa ditawar. Faktor alami tersebut meliputi :

1. Penurunan produksi kolagen sebagai jaring penopang kulit

Biasanya saat memasuki usia 30 tahun

2. Produksi elastin juga mulai menurun.

 Elastin berfungsi untuk elastisitas kulit

3. Sel Lemak  lapisan hipodermis mulai berkurang

Sehingga kontur kulit terlihat menurun dan muncul lekukan.

Penuaan wajah dan bagaimana proses terjadinya sama
Penuaan wajah dan terbentuk keriput. Sumber pixabay.com

4. Kelembaban kulit mulai berkurang

Kulit menjadi lebih mudah kering, akibat penurunan fungsi stratum korneum. Padahal kelembaban kulit wajah berawal dari ketangguhan stratum korneum. Kelenjar minyak dan kapiler darah  juga mulai berkurang

5. Lapisan kulit mati di permukaan cenderung sulit untuk lepas dengan sendirinya

6. Berkurangnya kemampuan regenerasi sel untuk menghasilkan sel kulit muda

7. Genetik juga mempengaruhi seseorang lebih cepat terbentuk kerutan di wajah

Apakah faktor gravitasi mempengaruhi?

Banyak yang meyakini gravitasi menyebabkan  wajah, terutama untuk bagian dagu, leher dan area sekitar mata  menjadi turun ke bawah. Namun berdasarkan beberapa hasil studi, gravitasi tidak terlalu banyak memberi pengaruh pada penurunan otot wajah.

Beberapa hasil riset menyatakan kehilangan lemak, paparan sinar matahari dan faktor internal fisiologi alami tubuh merupakan penyebab primer terjadinya penuaan. Bukan gravitasi. Meskipun demikian tindakan operasi untuk menarik kulit wajah tetap menjadi incaran kaun hawa.

Untuk saat ini belum banyak tekhnologi yang dapat menghentikan proses penuaan dari dalam. Belum ada pengembangan ilmu baru yang dapat mengendalikan perintah DNA menghentikan proses kerusakaan dan kematian sel.

Sebagai proses perjalanan menuju penuaan. Sehingga hampir mustahil menghentikan penuaan dari dalam. Namun bisa dilakukan dengan beberapa usaha untuk membantu perlambatan penuaan dari luar.

Faktor ekternal yang mempercepat penuaan wajah

1. Paparan asap rokok

Bagaimanapun terpapar dengan asap rokok terus menerus dapat menyebabkan kerutan pada wajah dan membuat kulit kering. Asap rokok bila terhirup juga akan membuat  tubuh  memakai  vitamin C lebih banyak untuk melawan suatu kondisi  yang disebut ROS.

ROS atau reaction oxygen species adalah suatu hasil alami pemakaian oksigen. Bila terlalu banyak ROS akan merusak DNA, enzim dan mengganggu metabolisme lemak serta protein.

Semakin tinggi asap rokok semakin tinggi produksi ROS. Sehingga tubuh  membutuhkan vitamin C untuk menghadapi kondisi ini. Padahal vitamin C secara langsung sangat diperlukan kulit untuk melawan penuaan.

Penuaan wajah dan bagaimana proses terjadinya sama
penuaan wajah dapat disebabkan asap rokok. Sumber pixabay.com
2. Paparan sinar matahari

Terpapar  sinar matahari langsung secara berlebihan sudah diketahui dapat menyebabkan kerusakan pada kulit wajah. Matahari dengan sinar ultravioletnya sangat berbahaya untuk kulit wajah. Tidak hanya memunculkan flek namun juga beresiko kanker kulit.

 

3. Kualitas nutrisi kurang baik

Tanpa nutrisi yang baik sel-sel kulit tidak mempunyai bahan yang berkualitas untuk proses regenerasi. Mengakibatkan perlambatan proses pergantian sel yang rusak. Juga ketersediaan antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel menjadi sangat terbatas. Sehingga penuaan wajah bisa lebih cepat.

 

4. Kurang latihan

Latihan gerak penting untuk membantu mencegah kecepatan penuaan wajah. Olah raga menjaga kelancaran aliran darah sebagai proses penghantaran zat nutrisi yang dibutuhkan sel kulit saat beregenerasi.

 

5. Terlalu banyak tekanan atau stress

Stress menyebakan tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat merusak kolagen dan menghambat proses regenerasi sel.

 

6. Terpapar cuaca dingin secara berlebihan

Pada kondisi cuaca dingin kelembaban kulit akan menurun. Kulit kering dan mudah terbentuk keriput serta iritasi. Cuaca dingin juga mengakibatkan aliran darah ke kulit menurun. Bila terjadi dalam waktu lama membuat wajah terlihat lebih menua.

 

7. Kelebihan konsumsi alkohol

Alkohol dapat menyebabkan kerusakan permanen pembuluh darah di kulit. Akibatnya menghambat penghantaran nutrisi ke sel kulit untuk proses regenerasi.

Penuaan wajah dan bagaimana proses terjadinya sama
penuaan wajah dipercepat oleh alkohol. Sumber pixabay.com

Faktor internal memang belum bisa kita kendalikan, namun upaya penghambatan dari luar masih bisa diusahakan.

Penuaan wajah sama halnya dengan penuaan bagian kulit liannya. Hanya terkadang penuaan wajah bisa terlihta lebih cepat atau lebih lambat dari kulit  lainnya. Berkaitan juga dengan fokus perawatan pada wajah.  Kita dapat melakukan banyak hal untuk membantu dalam upaya memperlambat proses penuaan. Perhatian makin cepat diberikan makin memberi efek baik pada wajah. Selain melakukan perawatn luar secara rutin dan tepat juga harus menghindari faktor yang memperburuk keadaan kulit. Demikian penjelasan tentang penuaan wajah dan bagaimana proses terjadinya.

 

Baca juga :

Detoks hati untuk kecantikan kulit wajah

Mikrodermabrasi manfaat dan efek samping pada wajah

Etsrogen dan fungsi penuaan wajah di kapisan epidermis

Chemical peeling manfaat dan bahayanya untuk bagi organ tubuh

7 masker alami  untuk kulit berminyak agar terlihat lebih muda 10 tahun

 

 

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Shares
error: Content is protected !!