DETOKS PARU UNTUK KECANTIKAN KULIT WAJAH

Detoks paru untuk kecantikan kulit wajah langsung dapat terlihat  dari tampilan kulit wajah segar merona. Bahkan dalam sekejap  wajah terlihat sehat  bercahaya.

Detoks paru untuk kecantikan kulit wajah agar tampil segar merona

Sebagai mana organ pembersihan lain, kondisi organ paru akan mempengaruhi langsung pada kualitas kecantikan kulit wajah.

Detoks paru  bertujuan untuk membersihkan  dan memberi kesempatan organ paru beregenerasi dengan optimal. Terlebih organ paru merupakan organ  primer.

Hubungan detoks paru dengan kecantikan wajah

Kita menghirup oksigen secara utama melalui paru-paru. 5 menit saja kita menutup saluran nafas maka mulai terjadi gangguan pada otak dan jantung.

Saat bernafas paru mengambil oksigen dari udara lalu diangkut oleh darah ke seluruh tubuh. Digunakan sebagai bahan utama proses metabolisme. Kemudian mengambil karbondioksida dari darah hasil penggunaan sel untuk dikeluarkan kembali ke udara.

Karbondioksida tidak boleh lama berada dalam tubuh karena dapat menyebabkan darah menjadi lebih asam. Pada kondisi keasamanan tinggi kerja sel akan terganggu.

Begitu juga yang terjadi pada sel kulit wajah. Karena itu paru-paru berusaha keras membuang karbondioksida dari darah sampai batas yang ditoleransi tubuh.

Detoks paru untuk kecantikan kulit wajah agar tampil segar merona
Detoks paru untuk kecantikan kulit wajah. Sumber Pexels.com

 

Saat paru mengalami gangguan, kadar oksigen dalam darah berkurang. Sementara racun karbondioksida terus meningkat.  Sistem tubuh akan mengatur agar otak, jantung, paru-paru dan ginjal tidak mengalami kekurangan oksigen. Kesemua organ tersebut merupakan organ inti.

Tidak demikian dengan kulit. Kulit merupakan organ yang selalu dikorbankan oleh tubuh karena dianggap bukan organ penting. Aliran darah ke kulit akan dikurangi dan dialihkan ke organ-organ utama.

Apa yang terjadi? Jelas kiriman oksigen ke sel kulit berkurang. Tahap awal tampak wajah menjadi pucat. Hidung teraba dingin. Tahap lanjut terjadi gangguan regenerasi sel kulit. Sulit terbentuk elastin dan kolagen. Dan menjadi sangat sensitif terhadap cahaya dan serangan infeksi.

Siapa saja yang harus segera melakukan detoks paru

Bersamaan dengan masuknya oksigen saat bernafas, gas lainnya termasuk gas beracun ikut bergabung. Bahkan bersamaan juga dengan menghirup mikroorganisme yang beredar bebas di udara. Masyarakat perkotaan, perokok, tinggal di wilayah industri sangat beresiko tinggi menghirup berbagai gas yang  menyebabkan gangguan paru.

Bila diamati dengan scan paru bisa terlihat gambaran warna paru dari kemerahan menjadi kehitaman. Karena itu detoks paru secara teratur  juga merupakan hal yang penting untuk meningkatkan fungsi kesehatan paru.

Anda yang ingin memporoleh kesegaran dan kecantikan wajah sangat dianjurkan untuk detoks paru. Kulit akan langsung terlihat segar dan merona.

Cara detoks paru untuk kecantikan kulit wajah

1. Hentikan merokok

Mau tidak mau hentikan merokok dan jauhi udara yang mengandung polusi asap rokok maupun polusi lainnya. Zat nikotin dan tembakau akan merusak paru dan meningkatkan resiko kanker paru.

Secara langsung asap rokok  juga merusak kulit wajah dan mudah terbentuk keriput disekitar bibir. Nikotin dalam darah akan menghambat pembentukan kolagen.

Detoks paru untuk kecantikan kulit wajah agar tampil segar merona
Merokok dapat merusak paru dan kecantikan kulit. Sumber Pexels.com

 

2. Selama program  hindari semua produk susu.

Tidak seperti yang kita baca selama ini bahwa produk susu dapat membersihkan paru. Justru yang sebenarnya adalah kebalikannya. Produk susu terisi dengan kalsium. Mengandung casomorphin yang meningkatkan produksi mucus di saluran nafas. Mukus  kental dan berlebihan justru akan menghambat pernafasan. Produk susu juga tidak baik untuk wajah.

3. Konsumsi teh hijau

Minum  teh hijau sebelum tidur membantu melepaskan racun di saluran cerna yang dapat menyebabkan sembelit. Penumpukan kotoran di usus membentuk gas dan massa yang akan mendesak paru sehingga mengganggu pergerakan paru.

Teh hijau juga mengandung aktioksidan dan membantu tubuh membuang racun.

4. Minum 1 gelas jus lemon hangat setiap pagi

Jus lemon dapat juga diganti selingan dengan jus nenas untuk membantu  membersihkan paru. Minum sebanyak 500 ml saat baru bangun.

5. Minum jus wortel

Diantara waktu sarapan pagi dan makan siang, minum 200 ml jus wortel. Sebagai antioksidan dan mengikat racun di pernafasan.

6. Konsumsi makanan yang kaya kalium

Saat makan siang perbanyak konsumsi makanan tinggi kalium. Seperti labu, pisang, ubi, tomat, jeruk, wortel, bayam, kurma, strawberry, rapsberry, melon dan buah tin. Kalium berkaitan dengan kontraksi otot pernafasan agar berfungsi maksimal.

7. Tingkatkan konsumsi jahe

Jahe memiliki kemampuan membersihkan racun di saluran pernafasan. Konsumsi jahe bisa dengan dibuat minuman. Di Indonesia banyak tersedia aneka minuman dari jahe. Dapat juga menggunakan bubuk jahe dicampur dengan air hangat saat mandi. Untuk membantu pengeluaran racun melalui keringat.

Detoks paru untuk kecantikan kulit wajah agar tampil segar merona
Jahe bumbu dapur untuk detoks paru. Sumber Pexels.com
8. Tingkatkan konsumsi makanan antioksidan

Sebelum tidur minum 400 ml jus nenas. Dapat diselingin dengan jus strawberry untuk meningkatkan kemampuan paru melawan infeksi kuman.

9. Mandi air hangat

Mandi air hangat selama 20 menit sehari dapat membantu mengeluarkan racun. Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih dalam air hangat dan hirup untuk melancarkan jalan udara di paru-paru.

10 Konsumsi oregano

Tambahkan  oregano dalam makanan atau bisa dicampur dalam minuman. Oregano mengandung carvacrol sebagai antihistamin dan dekongestan mengurangi reaksi peradangan paru dan mengencerkan dahak. Juga mengandung rosmarinic acid untuk membatasi reaksi alergi di paru yang mengganggu pernafasan.

11. Konsumsi daun mint

Kunyah 3-5 daun mint untuk melegakan pernafasaan dan membantu  paru melawan infeksi bakteri.

Detoks paru untuk kecantikan kulit wajah agar tampil segar merona
Daun mints membantu detoks paru. Sumber Pexels.com
12. Latihan nafas dalam

Lakukan latihan nafas dalam setiap hari selama ½ – 1 jam untuk membantu membersihkan paru.

13. Konsumsi makanan yang meningkatkan fungsi paru.

Brokoli, kembang kol, lobak,  kubis, selada air, toge, wortel, kacang kedelai, kacang tanah,  apel,  dan  ikan.

14. Kurangi konsumsi garam

Garam akan menahan air di tubuh. Termasuk di paru. Bila terjadi penumpukan cairan di paru akan mengganggu pergerakan otot pernafasan.

Kesehatan organ paru sangat mempengaruhi kesehatan kulit wajah. Setiap kondisi kekurangan oksigen dalam darah, mekanisme kompensasi tubuh akan mengorbankan oksigen ke kulit. Pastinya akan menganggu proses regenerasi kulit. Lakukan detoks paru secara rutin. Detoks paru untuk kecantikan kulit wajah.

 

Baca juga:

Detoks hati untuk kecantikan kulit wajah

Detoks usus untuk kecantikan kulit wajah

Detoks ginjal untuk kecantikan kulit wajah

Detoks darah untuk kecantikan kulit wajah

Detoks jantung untuk kecantikan kulit wajah

Cara detoks pembuluh darah menunjang kecantikan wajah

 

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Shares
error: Content is protected !!