VITAMIN E MANFAAT PERLINDUNGAN TERDEPAN UNTUK MENJAGA KECANTIKAN WAJAH

Vitamin E manfaat perlindungan terdepan untuk menjaga kecantikan wajah dari berbagai musuh perusak kulit. Sudah sangat umum diketahui tentang keuntungan menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung vitamin E. Terutama dalam hal impian memiliki wajah awet muda dengan memperlambat proses penuaan.

Berbagai kosmetik dan produk perawatan wajah dari yang sangat murah sampai harga jutaan menawarkan fungsi perlindungan kulit dari vitamin E. Sediaannya mudah ditemukan dalam produk anti aging mencegah keriput dan garis-garis penuaan.

Penjelasan tentang vitamin E dan manfaat untuk kulit

Merupakan nama yang diberikan untuk ikatan 2 molekul yang memiliki struktur serupa dan sama-sama antioksidan. Bersifat larut dalam lemak dan mengandung antioksidan sangat tinggi. Dapat ditemukan secara alami dalam minyak sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau. Menjadi struktur unik penunjang sel kulit.

Vitamin E manfaat perlindungan terdepan untuk menjaga kecantikan wajah

Terdiri dari delapan bentuk kimia yang masing-masing tersusun dari dua molekul.  Alpha-tocopherol, beta-tocopherol, delta-tocopherol, gamma-tocopherol. Alpha-tocotrienol, beta-tocotrienol, delta-tocotrienol, gamma-tocotrienol.

Bentuk alpha-tocopherol yang paling popular. Paling banyak diriset dan sangat bermanfaat untuk memberi perlindungan pada dinding sel kulit. Sebagai antioksidant yang dapat larut dan menyatu dalam lemak yang melapisi dinding sel kulit. Sangat diperlukan untuk melindungi kerusakan DNA akibat radikal bebas.

Persediaan vitamin E untuk kebutuhan perlindungan kulit

Pengiriman ke kulit tidak membutuhkan protein khusus. Jadi proses transportasi dalam darah sangat mudah. Sampai ke kulit disimpan dalam 2 cara:

1. Secara normal penyediaan vitamin E pertama terkumpul di kelenjar sebasea

Dari kelenjar sebasea keluar bersama sebum baru dilepaskan ke permukaan stratum korneum lapisan epidermis. Stratum korneum mengandung banyak lemak sebagai bahan pengisi antar sel.  Karena bersifat larut dalam lemak. Maka di bagian inilah banyak terkumpul vitamin E. Bila diukur kadarnya di lapisan epidermis lebih banyak dari lapisan dermis.

Akumulasi di lapisan epidermis sangat penting untuk fungsi perlindungan langsung permukaan kulit dari radiasi sinar matahari. Menyerap energi sinar UVB dan memperkuat pertahanan dinding sel stratum korneum agar tidak mudah rusak. Sifat larut dalam lemak ini pula membuat vitamin E bisa dengan mudah menembus ke lapisan lebih dalam. Lapisan dermis.

Pada tipe kulit berminyak dimana produksi kelenjar minyak lebih banyak maka kadar vitamin E lebih tinggi.

Vitamin E yang tersimpan di sebum bersifat mudah dimetabolisme dan dapat digunakan langsung saat diperlukan.

Sumber yang berasal dari konsumsi makanan membutuhkan perjalanan setidaknya tujuh hari untuk sampai ke sebum.

2. Tersedia cadangan dalam bentuk vitamin E konjugasi yang stabil

Tapi membutuhkan waktu lama dan lamban. Karena harus melalui proses metabolisme terlebih dahulu baru dapat digunakan. Sehingga tidak dapat menyediakan vitamin E dalam kondisi mendadak. Oleh karena itu harus diupayakan agar kulit selalu memiliki cadangan bebas yang siap digunakan. Terutama bagi yang memiliki aktivitas tinggi di udara terbuka dan terpapar langsung dengan sinar matahari.

Bentuk sediaan vitamin E dalam produk perawatan wajah

1.  Bila bersumber dari bahan alami. Diberi label “natural” atau “d”  vitamin E

2. Bila hasil sintetis biasanya diberi label “all-rac” atau “dl”

3. Juga tersedia dalam bentuk derivat ester untuk meningkatkan kestabilan molekul saat terpapar suhu panas,  cahaya dan udara.

Mengapa kulit membutuhkan vitamin E?

Kehidupan saat ini sangat sulit terhindar dari paparan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Setiap saat kulit wajah kita dihadapkan pada berbagai cobaan dan ancaman luar yang pastinya merusak.

Paparan racun dan bahan kimia di udara. Radiasi sinar matahari yang semakin hari semakin meluas menyebabkan terjadinya stress oksidasi. Cepat atau lambat akan menimbulkan efek langsung pada kulit seperti kemerahan, edema, kulit menebal, keriput, mudah terjadi iritasi. Yang paling ditakutkan timbul kanker kulit.

Oleh sebab itu kulit membutuhkan perlindungan hebat untuk menangkal efek radikal bebas yang sangat jahat. Vitamin E ibarat sebagai pasukan tempur berada di garis depan melindungi kulit dari kerusakan.

Vitamin E manfaat perlindungan terdepan untuk menjaga kecantikan wajah

Apa keistimewaan vitamin E dibandingkan antioksidan lainnya

Setiap antioksidan memainkan peranan yang berbeda-beda dalam menjalankan fungsi perlindungan sel. Ada antioksidan yang bekerja hanya pada bagian tertentu atau memberi efek tertentu saja. Tetapi luar biasanya vitamin E benar-benar berada di garis  terdepan melindungi dari semua kondisi yang merusak sel. Berada langsung diantara sel dan di dinding sel kulit. Dan benar-benar sebagai teman sejatinya kulit untuk memenangkan pertempuran melawan radikal bebas

Manfaat keajaiban vitamin E untuk menjaga kecantikan kulit wajah

1. Mencegah tanda-tanda penuaan

Saat kulit wajah terpapar dengan berbagai penyebab yang merusak seperti cahaya matahari, asap rokok, polusi udara. Terdapat radikal bebas yang merupakan atom jomblo bebas berada di udara. Saat kontak dengan sel kulit akan mengambil salah satu susunan atom yang terdapat di dinding sel.

Akibatnya dinding sel menjadi rusak dan mengganggu akitivitas DNA. Otomatis fungsi  kerja sel akan kacau dan tidak berjalan dengan seharusnya. Apabila yang rusak sel untuk memproduksi kolagen. Hasilnya produksi kolagen menurun. Bila kerusakan terjadi pada sel basal mengganggu peremajaan sel. Mulai muncul tanda penuaan seperti keriput, dan kulit menjadi kasar.

Vitamin E akan mengikat atom radikal bebas sehingga mencegah kerusakan sel kulit. Dan DNA terlindungi dengan sangat baik.

2. Bagian penting dalam perlindungan terhadap radiasi sinar matahari

Vitamin E mampu menyerap energi sinar UVB. Sinar Ultra violet B merupakan jenis sinar matahari yang bertanggung jawab terhadap terbakarnya kulit dan penuaan. Penyerapan energi sinar matahari membuat kekuatan merusak sinar UVB di kulit menjadi hilang.

Hasil riset menunjukkan kerjasama vitamin E dan vitamin C membuat kulit lebih bertahan lama terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Apabila ada sel kulit yang terkena dampak kerusakan radiasi sinar UVB. Maka kerusakan tidak akan meluas dan akan cepat sembuh karena kandungan anti radang.

Vitamin E manfaat perlindungan terdepan untuk menjaga kecantikan wajah

3. Menjaga kelembaban kulit dan menenangkan kulit

Karena menyatu dalam lemak lapisan dinding sel kulit. Membuat dinding sel menjadi kuat dan mampu menahan air dengan baik untuk menjaga kelembaban dan kekenyalan. Aplikasi dari luar dapat membantu mengikat molekul air di kulit setelah 2 sampai 4 minggu penggunaan.

4. Mencegah peradangan kulit dan penyembuhan luka

Mampu menekan produksi prostaglandin, interluekin dan enzim lainnya. Yang berperan menimbulkan peradangan saat terjadi cedera pada sel kulit akibat paparan sinar matahari dan penyebab lainnya. Efek anti radang dan anti radikal bebas sangat melindungi kulit dari kerusakan yang meluas. Karena itu sering juga dipakai untuk mengobati dermatitis.

Kondisi yang menyebabkan penurunan vitamin E di kulit

1. Terpapar sinar ultra violet

Penggunaan yang meningkat setelah terpapar sinar matahari dan radikal bebas lainnya. Menyebabkan cadangan  di kulit menurun. Hasil penelitian menunjukkan setelah kulit terpapar sinar matahari kadar di kulit menurun sampai 50%. Menunjukkan vitamin E sudah melakukan tugasnya dengan baik. Dan artinya harus segera diganti dengan yang baru atau fungsi perlindungan kulit akan sangat berkurang dan hilang.

2. Pertambahan usia

Semakin bertambah usia semakin menurun cadangan  di kulit. Hal ini diakibatkan perubahan bahan lemak di kulit sehingga vitamin E sulit menyatu dengan lemak

3. Perubahan struktur lapisan epidermis

Dapat disebabkan penggunaan kosmetik atau produk yang merusak lapisan lemak di kulit. Kondisi selanjutnya juga membuat vitamin E tidak bisa tersimpan.

Aplikasi sediaan vitamin E di kulit

Kandungan dalam produk perawatan wajah saat diaplikasikan ke kulit mempunyai keunikan tersendiri. Karena sesaat setelah aplikasi jumlahnya di lapisan dermis justru meningkat cepat. Walaupun secara keseluruhan cadangan  di lapisan epidermis tetap lebih tinggi.

Menyerap masuk ke kulit terkumpul tidak hanya di lapisan dinding sel kulit. Juga berada diantara lemak pengisi ruang antar sel kulit lapisan stratum korneum.

Karena bisa habis setelah menghadapi radikal bebas dan bersifat tidak stabil sehingga mudah hilang. Maka penggunaan sediaan  dari luar direkomendasikan untuk digunakan terus secara teratur. Akan memberi hasil lebih baik bila digunakan bersamaan dengan vitamin C.

Hal unik lainnya. Sediaan dari luar lebih stabil dan efektif digunakan saat terjadinya penggunaan vitamin E konjugasi.

Penggunaan  dari luar ternyata lebih efektif untuk fungsi perlindungan kulit dibandingkan dikonsumsi peroral.

Vitamin E manfaat perlindungan terdepan untuk menjaga kecantikan wajah

Vitamin E merupakan bagian terintegrasi  dari antioksidan kulit. Sebagai pelindung utama kulit dari radikal bebas. Karena kulit kita sebagai bagian tubuh yang paling berat tugasnya menghadapi radikal bebas. Maka bantuan perlindungan kulit dari luar sangat dibutuhkan. Sebaiknya produk perawatan wajah memang harus mengandung vitamin E manfaat perlindungan terdepan untuk menjaga kecantikan wajah.

 

Baca juga:

Kenali lapisan dermis kulit wajah anda

Kenali lapisan epidermis kulit wajah anda

Keajaiban vitamin C untuk semua jenis kulit

Manfaat kalsium untuk kecantikan kulit wajah

Manfaat vitamin D untuk kecantikan kulit wajah

Kekurangan vitamin C bagi tubuh menyebabkan gangguan kesehatan

 

 

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Shares
error: Content is protected !!