CARA DETOKS PEMBULUH DARAH UNTUK MENUNJANG KECANTIKAN KULIT

Cara detoks pembuluh darah untuk menunjang kecantikan kulit prinsipnya sama dengan detoks pada organ tubuh lain. Berfokus untuk membantu membersihkan pembuluh darah dari berbagai zat yang menempel, menumpuk dan  membentuk plak.  Meski pada tingkatan pembentukan plak yang lebih berat sulit dilakukan tanpa tindakan medis.

Detoks pembuluh darah secara teratur perlu dilakukan untuk menghindari penumpukan plak yang sulit dihilangkan kecuali dengan operasi. Setidaknya dapat mencegah pembentukan plak baru dan membantu memperbaiki pembuluh darah yang cedera. Serta menghancurkan plak sedini mungkin sebelum memasuki tingkatan yang sulit. Karena pembuluh darah yang tersumbat akan mengganggu aliran darah ke seluruh tubuh termasuk ke kulit.

Cara detoks pembuluh darah untuk menunjang kecantikan kulit
Detoks pembuluh darah menunjang kecantikan kulit

 

Sumbatan pembuluh darah mempengaruhi kecantikan kulit

Panjang total pembuluh darah kita bila diurai menjadi garis lurus dari kapiler, vena dan arteri adalah 60.000 mil. Dan ternyata kerusakan pada pembuluh darah sudah mulai terjadi sejak usia dini. Berdasarkan kedua fakta yang menakjubkan tersebut semua kita beresiko mengalami sumbatan bekuan darah dimanapun di sepanjang 60.000 mil tersebut. Ditambah banyak faktor ekternal yang mendukung terjadinya pembentukan bekuan darah yang menyumbat.

Pembuluh darah yang demikian panjangnya bertugas sebagai tempat transportasi. Darah hanya berfungsi bagi tubuh apabila masih berada di pembuluh darah. Darah mengangkut nutrisi dan semua bahan yang diperlukan untuk seluruh sel tubuh. Dan membawa sampah sisa hasil pemakaian aktivitas sel tubuh. Begitu juga dengan sel-sel kulit.

Kulit merupakan organ yang mendapat kiriman nutrisi paling akhir. Tentu saja setelah semua organ lain sudah tercukupi jumlah nutrisinya. Pastinya dengan jumlah kandungan nutrisi yang lebih sedikit. Apabila adanya plak yang menempel serta sumbatan yang menghambat aliran darah. Maka kulit semakin kesulitan mendapat nutrisi yang dibutuhkan.

Kondisi sel-sel kulit mengalami kekurangan bahan nutrisi untuk proses kerja. proses regenerasi, pembentukan kolagen, peremajaan, pertahanan, pengaturan dan semua fungsi kulit akan terganggu. Jelas akan mengurangi keindahan kulit. Kulit tampak tidak sehat, cenderung kusam, kering, bersisik, luka yang lama sembuh dan mudah iritasi. Karena itu memperhatikan cara detoks pembuluh darah mempengaruhi kualitas kulit.

Akibat penumpukan plak di pembuluh darah sehingga perlu detoks pembuluh darah

Harus diakui bahwa faktor makanan yang kita konsumsi merupakan komponen utama terjadinya berbagai gangguan pada pembuluh darah. Jenis makanan yang kita makan sehari-hari dapat merusak dinding pembuluh darah pada berbagai tingkatan.

 

  1. Menurunnya elastisitas pembuluh darah

Makanan yang mengandung kolesterol jahat, gula dan garam akan merubah elastisitas pembuluh darah. Sehingga menjadi kaku dan sulit menyesuaikan terhadap perubahan situasi tubuh. Secara fisiologi pembuluh darah yang elastis akan bisa membesar dan mengecilkan lubang saluran dengan mudah untuk  menyesuaikan dengan perubahan aliran dan volume darah.

 

  1. Permukaan dinding pembuluh darah menjadi kasar

Banyaknya plak yag menempel di pembuluh darah membuat permukaan dinding pembuluh darah menjadi kasar dan tidak licin. Normalnya permukaan bagian dalam pembuluh darah kita yang disebut tunika intima bersifat sangat licin dan halus. Mencegah sel darah menempel di permukaan tersebut. Saat ada sel darah mencoba menempelkan diri apada dinding otomatis akan tergelincir dan kembali mengalir.

Dengan adanya plak jelas membuat permukaan menjadi kasar. Sel darah mulai mudah menempel di permukaan dinding pembuluh darah. Satu sel darah yang menempel akan menarik sel lain untuk saling berikatan dan membentuk trombus atau sumbatan.

 

  1. Terjadi reaksi peradangan terhadap trombus

Sel darah yang saling berikatan akan menempel pada dinding pembuluh darah. Terbentuklah reaksi peradangan yang merusak dinding pembuluh darah. Ditambah kebiasaan kurang gerak, merokok dan alkohol semakin memperburuk kesehatan pembuluh darah.

 

  1. Menghambat proses pengeluaran nutrisi dari pembuluh darah

Saat banyaknya plak yang menempel, membuat ketebalan dinding pembuluh darah meningkat. Sehingga permeabilitas dinding pembuluh darah menurun. Proses perpindahan molekul nutrisi seperti vitamin, oksigen, protein, mineral akan mengalami kesulitan. Butuh usaha yang berat agar molekul tersebut melewati ketebalan dinding yang mengeras dan kaku.

Makanan yang kita masukkan ke tubuh memiliki 2 sisi berfungsi sebagai obat dan racun. Tergantung kita memilih yang mana. Sebagai manusia normal tentu kita mempunyai keinginan dan selera terhadap rasa makanan yang enak di lidah. Karena itu menghindari secara total semua makanan yang enak rasanya akan sangat sulit.

Lebih baik mengatur jumlah pemasukan dan meningkatkan konsumsi jenis makanan yang dapat menyehatkan pembuluh darah. Meski pada kondisi yang berat suka tidak suka semuanya harus dihindari. Maka yang paling bijak agar dapat menikmati hidup sehat lebih lama adalah dengan melakukan detoks pembuluh darah secara rutin.

Cara detoks pembuluh darah untuk menunjang kecantikan kulit
Sel darah mengalir dalam pembuluh darah

Cara detoks pembuluh darah untuk kulit cantik

  1. Konsumsi makanan mengandung lemak omega 3

Cara mendetoks pembuluh darah yang pertama adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak omega 3 tinggi, seperti ikan salmon, almond dan alpukat. Lemak omega 3 mampu mengikat lemak jahat yang mudah menempel di pembuluh darah.

 

  1. Konsumsi makanan berserat tinggi

Cara mendetoks pembuluh darah yang kedua dengan meningkatkan konsumsi makanan berserat tinggi. Sayuran dan buah-buahan pastinya sangat dikenal memiliki serat tinggi. Manfaat makanan berserat dapat langsung mengikat lemak jahat yang ada di usus dan membuangnya. Sehingga tidak diserap masuk ke pembuluh darah untuk membentuk plak.

Dapat juga  mencegah timbulnya rasa cepat lapar karena membentuk massa di saluran cerna. Juga dapat mencegah penyerapan gula. Gula merupakan makanan manis yang berbahaya untuk kecantikan kulit.

 

  1. Memilih makanan segar dan minim pengolahan

Cara mendetoks pembuluh darah yang ketiga dengan memilih mengkonsumsi makanan segar. Hindari makanan olahan dan mengandung pengawet serta perasa tambahan. Karena dapat menimbulkan resiko peradangan yang akan merusak dinding pembuluh darah.

 

  1. Meningkatkan jumlah pemasukan cairan

Cara mendetoks pembuluh darah yang keempat dengan meningkatkan pemasukan cairan untuk melancarkan aliran darah dan mencegah kekentalan darah. Penuhi kebutuhan air sesuai dengan tingkat tolerasni tubuh. Hindari konsumsi air yang bersoda, mengandung gula dan perasa lainnya. Juga waspada dengan kopi.

 

  1. Aktif bergerak

Cara mendetoks pembuluh darah yang kelima dengan aktif melakukan gerakan dan olah raga secara rutin. Lakukan gerakan setelah duduk lama dan lakukan pemijatan pada lengan dan kaki untuk membantu dorongan aliran darah. Karena katup pembuluh vena akan lebih aktif mendorong darah kembali ke jantung saat bergerak. Gerakan aktif juga membuat sel-sel darah bergerak dan mengalir secara lancar untuk menghindari resiko menempel pada dinding.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung nitric oksida

Cara mendetoks pembuluh darah keenam dengan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung nitric oksida.  Seperti semangka, kacang lentil, kuning telur, kacang pistachio, dan ikan tuna. Nitric oksida dapat berfungsi mempercepat penyembuhan, meningkatkan aktivitas  sel otot dan membantu dinding pembuluh darah membebaskan diri dari pembentukan plak.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin D

Cara mendetoks pembuluh darah yang ketujuh dengan memperbanyak asupan nutrisi yang mengandung vitamin D. Ternyata vitamin D dapat berfungsi untuk mencegah kalsifikasi plak pada dinding pembuluh darah. Sehingga plak tidak mengeras dan mudah dihancurkan. Selain itu vitamin D memiliki manfaat langsung untuk kecantikan kulit wajah.

 

  1. Memastikan terjadinya proses metilasi optimal dalam tubuh

Cara detoks pembuluh darah berikutnya dengan proses metilasi. Merupakan proses perubahan secara biokimia pada jumlah atom hidrogen di setiap  sel dan jaringan tubuh. Saat mekanisme ini terjadi memberi pengaruh positif terhadap jantung dan pembuluh darah untuk mendetoks dirinya sendiri.

Makanan untuk  mendukung proses metilasi dalam tubuh adalah asparagus, alpukat, brokoli, sayuran hijau, kacang-kacangan, beras dan kubis.

 

  1. Konsumsi makanan yang mengandung zat besi

Cara detoks pembuluh darah kesembilan dengan meningkatkan konsumsi makanan tinggi zat besi. Membantu mengangkat lemak dari pembuluh darah, menjaga elastisitas dinding pembuluh darah serta memperbaiki kerusakan.

Makanan yang kaya dengan zat besi antara lain  bayam, daging merah, kacang merah, tomat dan telur.

 

  1. Konsumsi makanan yang dapat mengikat zat kimia beracun

Cara detoks pembuluh darah kesepuluh dengan memperbanyak konsumsi makanan yang dapat mengikat zat racun seperti timbal di pembuluh darah. Adanya zat kimia beracun akan merusak dinding pembuluh darah dan membentuk bekuan. Kacang hijau merupakan jenis makanan yang mampu membersihkan darah dari zat beracun tersebut.

  1. Konsumsi makanan dan minuman klorofil

Cara detoks pembuluh darah yang terakhir dengan konsumsi makanan dan minuman yang mengandung klorofil tinggi. Klorofil memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Sudah lama dikenal sebagai bahan yang dapat mengikat zat racun dan membersihkan aliran darah .

Cara detoks pembuluh darah untuk menunjang kecantikan kulit
Makanan sehat mendukung detoks pembuluh darah. Sumber Pexels.com

Konsumsi makanan yang tepat untuk mendukung kesehatan pembuluh darah. Jadikan makanan yang kita makan sebagai obat untu membersihkan  dinding pembuluh darah. Akan lebih baik lagi bila dilakukan sebagai suatu kebiasaan. Menjadi langkah awal mencegah timbulnya berbagai gangguan akibat terbentuknya sumbatan darah. Bonus yang didapat memiliki kulit yang sehat dan indah. Oleh sebab itu perlu diperhatikan secara khusus tentang bagaimana cara detoks pembuluh darah untuk menunjang kecantikan kulit.

 

Baca juga tentang:

Detoks paru untuk kecantikan kulit wajah

Detoks usus untuk kecantikan kulit wajah

Detoks darah untuk kecantikan kulit wajah

Detoks ginjal untuk kecantikan kulit wajah

Detoks jantung untuk kecantikan kulit wajah

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Content is protected !!