SQUALANE SEBAGAI PELEMBAB DALAM PRODUK PERAWATAN KULIT

Squalane adalah bahan yang dapat berfungsi melembabkan kulit secara efektif. Karena kulit yang terbaik dan sehat adalah kulit yang lembab. Bahkan bersifat sebagai penghidrasi kuat untuk kulit dalam cuaca sangat dingin sekalipun. Di bidang medis dipakai untuk mengobati luka dan masalah kulit.

Squalane di bentuk dari squalene yang bersifat lebih stabil dan tidak mudah rusak menjadi tengik saat disimpan dalam jangka waktu lama.

Squalane sebagai pelembab dalam produk perawatan kulit
Squalane sebagai pelembab dalam produk perawatan kulit

Dulu dalam produk untuk melembabkan kulit sering digunakan squalene karena dianggap memiliki bahan yang sama dengan yang terkandung dalam kelenjar minyak kulit manusia dengan komposisi sekitar 10 hingga 12 persen. Umumnya minyak yang berasal dari tumbuhan adalah squalene. Seperti minyak zaitun, minyak gandum, minyak kelapa sawit,  minyak almond, minyak kelapa, minyak, minyak bunga matahari,  bahkan hati  ikan hiu.

Namun dalam perkembangannya squalene diketahui sering menyebabkan kerusakan pada kulit apabila terpapar panas dan oksigen. Karena memiliki rantai karbon panjang jadi bersifat tidak stabil. Oleh sebabnya setelah kulit diolesi minyak jenis squalene harus mencuci kulit dengan bersih. Karena paparan panas oksigen akan mengalami perubahan di permukaan kulit  yang dapat merusak kulit.

Barulah kemudian pengembangan dilakukan dengan membuang atom H pada squalene yang memang memiliki rantai atom panjang. Lalu berubah menjad squalane yang memiliki atom lebih pendek. Bersifat stabil dan ringan untuk digunakan dalam produk perawatan kulit.

Squalane sebagai pelembab dalam produk perawatan kulit
Squalane sebagai pelembab dalam produk perawatan kulit

Cara squalane bekerja di kulit wajah

Penggunaan squalane untuk kulit bersifat lebih ringan dan mudah diserap kulit. Tidak beresiko mengalami oksidasi. Serta dapat disimpan dalam waktu yang lama.

  1. Melembabkan kulit dengan sangat baik

Sebagai emolien dapat mengunci kelembaban ke kulit dan membantu mencegah garis-garis halus. Membuat kulit menjadi berisi, kenyal dan lembut.

Bekerja dengan aktif di permukaan kulit kering untuk mengikat air di udara dan menguncinya di antara sel-sel kulit. Karena itu sangat efentif digunakan pasa cuaca dingin ektrem sekalipun.

  1. Menghidrasi kulit tanpa menyebabkan jerawat

Penggunaan squalane bahkan bagus untuk kulit berminyak karena dapat menghidrasi kulit dengan baik. Otomatis kelenjar minyak di bawah kulit akan menghentikan produksi minyak dan jerawat hilang secara otomatis.

  1. Sebagai antioksidan

Perlindungan dari Kerusakan Oksidatif. Squalane membantu melindungi kulit  dari radikal bebas yang dapat menyebabkan bintik-bintik hitam dan keriput. Bahkan membantu memudarkan pigmen gelap dari waktu ke waktu.

  1. Dapat menenangkan kulit

Squalane dapat mempercepat penyembuhan kulit pecah-pecah, menenangkan eksim, dermatitis dan psoriasis. Secara klinis terbukti tidak menyebabkan iritasi, sehingga cocok digunakan untuk kulit sensitif sekalipun. Apalagi bersifat tidak berbau dan tidak berwarna.

  1. Meresap dan bekerja dengan baik pada semua jenis kulit

Untuk kulit kering dan dehidrasi pastinya akan bekerja melembabkan. Pada kulit berminyak akan mengatur produksi kelenjar minyak agar tidak berlebihan. Pada kulit sensitif akan membantu menenangkan kulit. Pada kulit normal pastinya menjaga kondisi kulit agar tetap normal.

  1. Perawatan Mata dan Bibir

Efektif untuk mengobati dan mencegah kekeringan pada area mata dan bibir pecah-pecah. Bekerja lebih baik daripada lipbalm. Memudahkan pengelupasan lapisan kulit kering.

  1. Antibakteri

Squalane secara alami bersifat antibakteri seperti halnya minyak kelapa. Jadi dapat menghilangkan jerawat dan infeksi pada wajah.

Ada banyak tekhnologi yang semakin dikembangkan untuk menggunakan bahan alami dalam produk perawatan kulit wajah. Bahan alami tentu saja bersifat sangat raman dan aman untuk kulit. Dapat bekerja efektif mendampingi dan membantu sel kulit melakukan fungsinya dengan baik. Salah satu bahan yang semakin aktif dikembangkan untuk menjaga kelembaban kulit adalah squalane.

 

Baca juga :

Niacin untuk kesehatan dan keindahan kulit anda

Adenosin manfaat ampuh menghilangkan kerutan wajah

Bunga daisy si cantik imut untuk menghilangkan flek wajah

Daun jojoba manfaat antioksidan hebat merawat kecantikan

Probiotik khusus untuk merawat dan meremajakan kulit wajah

Niacinamide keajaiban baru untuk wajah awet muda menawan

Oatmeal kandungan dan manfaat untuk kecantikan kulit wajah

Ganggang merah khasiat untuk menjaga kecantikan kulit wajah

Tomat si bulat merah untuk meningkatkan kesehatan kulit wajah

Buah naga si eksotik tropis dasyat untuk merawat keindahan kulit wajah

Vitamin E manfaat perlindungan terdepan untuk menjaga kecantikan wajah

Produk perawatan wajah mahal VS produk perawatan wajah murahan wajah

 

 

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Shares
error: Content is protected !!