KULIT KOMBINASI DAN CARA TEPAT MELAKUKAN PERAWATAN

Kulit kombinasi merupakan jenis kulit yang agak sedikit merepotkan. Karena satu wajah memiliki dua kondisi. Bagaimana tidak! Kering di beberapa area. Berminyak di area lain.

Memiliki kulit kombinasi seperti menyeimbangkan dua jenis kulit yang berbeda. Tampaknya seperti sebuah misteri. Namun siapa sangka membuka kunci misteri tersebut lebih mudah daripada yang anda bayangkan!

 

Kulit kombinasi dan cara tepat melakukan perawatan
Kulit kombinasi dan cara tepat melakukan perawatan. Pexels.com

Tentunya dengan pengetahuan tentang cara merawat dan menggunakan produk yang tepat. Menyeimbangkan kedua kondisi antara minyak dan kering bisa menjadi sesuatu indah!

Kulit kombinasi memiliki kondisi dimana kulit berminyak pada beberapa bagian wajah. Kering di beberapa bagian yang lain. Dan area percampuran diantara kulit berminyak dan kering. Area berminyak biasanya terlihat di zona T. Yaitu dahi, hidung dan dagu. Mengapa? Karena kulit di bagian bawah area tersebut memiliki kelenjar minyak yang lebih banyak dan aktif.

Kulit kombinasi  harus memiliki ketelatenan khusus dalam merawatnya. Pada tipe kulit kering atau berminyak akan lebih mudah merawatnya. Tetapi ketika memiliki kondisi kulit gabungan keduanya, hal-hal yang mudah mulai menjadi rumit.

Krim hidrasi terlalu menghidrasi, sehingga semakin meminyaki daerah T. Tetapi penggunaan masker menyerap minyak, terlalu menyerap dan dapat mengeringkan area pipi dan bawah mata.

Menyeimbangkan kedua kondisi dengan bahan lotion sepertinya tidak pernah banyak membantu.  Sehingga kulit kombinasi membutuhkan produk perawatan yang sangat memahami permasalahan mendasar di kulit.

Gambaran permasalahan kulit kombinasi dan cara merawatnya

Apasih sebenarnya kulit kombinasi?

Kulit kombinasi merupakan jenis kulit umum. Jadi tidak perlu merasa terlalu buruk. Meskipun memiliki kulit kombinasi seperti memiliki kepribadian ganda. Tentu untuk merawatnya butuh ketelitian dan usaha yang lebih dibandingkan jenis kulit lainnya.

Kulit kombinasi hanyalah  nama untuk jenis  kulit yang merupakan kombinasi dari jenis kering dan berminyak. Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi, pasti sangat akrab dengan istilah “T-zone”.

Jika menggambar “T” besar di wajah, semua kulit di area T yaitu dahi, hidung, dan dagu akan cenderung berminyak dengan pori-pori besar. Sementara area yang tersisa di luar T, yaitu pipi dan bawah mata terlihat kering dan berpotensi bersisik. Itu sebabnya digunakan istilah “T-zone” saat mengacu pada mereka yang memiliki kulit kombinasi.

Kulit kombinasi juga berarti bahwa anda mungkin memiliki garis-garis halus dan kerutan di bagian pipi dan bawah mata. Namun berkilau, warna kulit yang tidak merata serta pori-pori tersumbat pada saat yang bersamaan di bagian T.

Penyebab kulit berminyak

  1. Faktor genetik

Sebagaimana jenis kulit kering, normal dan berminyak yang diperoleh secara genetik. Demikian pula dengan jenis kulit kombinasi diwariskan dari orang tua. Sama halnya dengan memperoleh warna kulit, warna mata, tipe tubuh dan warna rambut.

Genetik inilah yang mempengaruhi kondisi kelenjar minyak di beberapa area kulit wajah. Pada bagian wajah terdapat dua kondisi dimana di bagian pipi jumlah dan produksi kelenjar minyak sangat sedikit. Sehingga kulit pada area tersebut menjadi kering.

Tetapi pada bagian dagu, hidung dan dahi justru terjadi sebaliknya. Kelenjar minyak di bawah area tersebut berjumlah lebih banyak dan lebih aktif. Sehingga mudah sekali memproduksi kelenjar minyak.

  1. Penggunaan produk yang salah

Seperti yang sudah diketahui bersama, menggunakan produk yang berbahan keras dan menimbulkan pengelupasan hebat dapat mengeringkan pada beberapa bagian wajah. Tetapi akan merangsang produksi minyak berlebih pada bagian lain. Jika menggunakan produk yang tepat, mungkin saja masih memiliki sejumlah kulit berminyak.

Namun setidaknya tidak akan memiliki kulit kering yang kasar dengan minyak berlebih. Penggunaan produk yang sesuai dapat membuat kulit segera membaik. Area kering akan melunak dan menetralisir bagian yang berminyak sehingga pori-pori dapat mengecil.

Cara memastikan apakah memiliki jenis kulit kombinasi

Anda dapat melakukan pemeriksaan kulit wajah anda sendiri, apakah memiliki kulit kombinasi atau tidak. Dengan cara:

  1. Cuci wajah dengan pembersih yang lembut
  2. Keringkan
  3. Lalu tunggu sekitar 10-15 menit
  4. Jangan gunakan produk apapun
  5. Berdiri di depan cermin dan amati kondisi wajah
  6. Amati daerah pipi, pelipis, dan area lainnya. Apakah terasa dan terlihat kering dan kencang.
  7. Amati daerah hidung, dagu, dan dahi. Apakah terlihat berminyak dan berkilau bahkan tampak komedo dan pori-pori tersumbat. Artinya anda memiliki kulit kombinasi.
  8. Cara pemeriksaan lain dengan menggunakan kertas minyak. Jika penempelan kertas minyak di sekitar pipi tidak terlihat mengkilap, namun ditempelkan di hidung terlihat permukaan kertas menjadi berminyak. Menandakan anda memiliki kulit kombinasi.
  9. Petunjuk lain yang mungkin membantu adalah: Mengalami kesulitan menemukan produk perawatan kulit. Pada pemakaian produk tertentu kulit terlihat berminyak. Sementara pemakaian produk lain membuat kulit wajah terlihat kering dan kusam.
Kulit kombinasi dan cara tepat melakukan perawatan
Pemeriksaan sendiri jenis kulit kombinasi

Ciri kulit kombinasi :

  1. Pori tersumbat dan banyak komedo di area T-zone
  2. Pori-pori besar di area T-zone
  3. Kulit mengkilap dan berminyak di area T-zone
  4. Pipi kering, tertarik atau teregang dan kusam
  5. Pipi dan leher lebih sensitif terhadap pembersih
  6. Area bawah mata tampak kering

Apakah kulit kombinasi bisa berubah?

Kulit anda mungkin tidak selalu menjadi tipe kulit kombinasi. Ada banyak faktor hal yang terjadi sepanjang hidup dapat merubah kondisi kulit.  Stres, usia, perubahan hormon masa pubertas, menopause,  bahkan perubahan cuaca akan mempengaruhi keseimbangan kulit.

Jadi Anda tidak dapat mengubah kulit anda sepenuhnya, tetapi kulit kemungkinan akan berevolusi sedikit dari waktu ke waktu.  Dan satu cara untuk membantu mendorong perubahan kulit ke arah yang lebih baik dan sehat adalah dengan berfokus pada penggunaan produk perawatan kulit yang tepat.

Intinya jika anda memiliki kulit kombinasi, anda mungkin tidak dapat menyingkirkan kedua kondisi tersebut secara bersamaan. Tetapi anda dapat mengendalikannya dengan metode dan produk perawatan kulit yang sesuai dan mengatasi masalah kulit langsung pada pokok penyebabnya.

Keunikan kulit kombinasi

Satu hal unik yang perlu diketahui tentang kulit kombinasi bahwa sebagian besar orang dengan kulit kombinasi memiliki satu tipe kulit yang lebih dominan. Apakah kombinasi cenderung kering atau kombinasi cenderung berminyak.

Cara membedakannya: Bila dominan terlihat pori-pori yang tersumbat dan terdapat komedo di lebih banyak area T berarti kombinasi berminyak. Jika hanya hidung yang terlihat pori-pori membesar serta tersumbat dan sisa kulit lebih kering, berarti kulit kombinasi cenderung kering.

Penentuan kondisi ini penting untuk memudahkan cara perawatan kulit.  Pada kulit kombinasi cenderung kering, fokus perawatannya lebih kepada mengatasi masalah kulit kering. Pada kulit kombinasi cenderung berminyak fokus mengatasi masalah kulit berminyak.

Cara merawat kulit kombinasi

Perawatan rutin untuk kulit kombinasi kuncinya adalah keseimbangan. Anda harus menemukan cara untuk menyeimbangkan kebutuhan kulit di area kering dengan apa yang dibutuhkan di area berminyak. Bukan tugas yang mudah, tetapi inilah beberapa kiatnya.

  1. Memilih pembersih wajah yang tepat

Hindari pembersih wajah yang berbahan keras. Sulfat, alkohol, dan soda sabun dapat menghilangkan minyak alami kulit. Mungkin anda berpikir bahwa bahan-bahan tersebut dapat membantu menghilangkan minyak di zona-T.

Sayangnya pangangkatan minyak alami kulit justru membuat kelenjar minyak semakin aktif memproduksi minyak secara berlebih.

Gunakan pembersih wajah yang berbahan dasar alami. Mengandung bahan yang dapat membersihkan sekaligus melembabkan. Seperti kandungan lidah buaya.

Dapat menghilangkan kotoran, minyak, dan debu. Tetapi tidak mengandung  deterjen atau pembersih yang keras, yang dapat merusak PH normal kulit. Namun efektif membantu menyeimbangkan minyak di kulit. Sehingga akan membersihkan T-zone tanpa terlalu mengeringkan pipi Anda.

Anda dapat menggunakan pembersih wajah “Elemence Vera Gel” Berbentuk gel dan berbahan dasar air serta cepat larut dan hilang saat dibilas tanpa menempel di pipi yang dapat membuat area tersebut semakin kering. Pembersih dari Synergy ini sangat ampuh untuk menghilangkan minyak dan komedo di daerah T. Tetapi tidak menyebabkan kulit kering di area lain.

Kulit kombinasi dan cara tepat melakukan perawatan
Pembersih wajah berbahan dasar alami sesuai untuk kulit kombinasi
  1. Menggunakan produk yang sesuai

Jauhi produk perawatan wajah yang mengandung bahan dasar kimia yang keras. Hindari juga  bahan yang berbasis minyak dan mengandung pewangi yang tajam. Perawatan kulit kombinasi harus sangat berhati-hati karena harus menyesuaikan dua kondisi yang berbeda. Faktanya agak sulit menemukan produk perawatan wajah di pasaran yang mampu menjawab permasalahan pada kulit berminyak.

TRULUM ampule telah hadir sebagai produk perawatan wajah hasil riset dan tekhnologi tinggi untuk membantu merawat kulit dengan berbagai kondisi. Termasuk untuk kulit kombinasi.

Merupakan produk perawatan kulit wajah untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit di semua lapisan. Karena problem dengan kulit kombinasi adalah peningkatan aktivitas kelenjar minyak di daerah T.

Maka untuk mengatasi masalah tersebut TRULUM mampu menembus dan bekerja di lapisan dermis dan hipodermis. Lapisan dimana sumber terletaknya kelenjar minyak.

TRULUM berfungsi mengendalikan kelenjar minyak dengan mengkomunikasikan kerja antar sel-sel yang terdapat di lapisan dermis dan hipodermis di tingkat DNA sel.  Sehingga aktivitas kelenjar minyak di atur sedemikian rupa hanya berdasarkan kebutuhan. Kandungan koenzim dan enzim dari bahan probiotik bekerja sebagai penghantar dan penyambung komunikasi antar sel kulit.

Di permukaan luar TRULUM ampule  berfungsi melembabkan. Kandungan bahan fermentasi dapat menghidrasi kulit dengan baik sambil membersihkan dan membuka pori-pori yang tersumbat.

Kulit kombinasi dan cara tepat melakukan perawatan
TRULUM ampule dapat merawat kulit kombinasi
  1. Lindungi kulit dengan SPF yang sesuai

Perlindungan kulit dengan menggunakan SPF yang tepat. Dengan spektrum 30 mencegah kerusakan dan kekeringan kulit akibat terbakar sinar matahari.

Saat panas menyegat dapat merusak lemak di lapisan kulit. Disamping memicu kelenjar minyak menjadi lebih aktif. Pada kulit kombinasi saat bersamaan terjadi kedua hal tersebut. Area pipi menjadi semakin kering. Area T menjadi semakin berminyak.

SPF dapat membantu menutupi permukaan kulit wajah sehingga mencegah kerusakan lapisan lemak dan mengurangi aktivitas kelenjar minyak. Meskipun produk TRULUM ampule mengandung bahan yang sama dengan SPF untuk melindungi kulit. Namun saat terpapar dengan udara panas memberi perlindungan ganda jauh sangat berguna.

  1. Konsumsi makanan yang melembabkan kulit dari dalam

Tantangan kulit kombinasi adalah mendapatkan cukup pelembab tanpa menyumbat pori-pori. Kulit dapat dilembabkan dari dalam ke luar dengan asam lemak esensial. Makanan seperti salmon, walnut, dan biji rami, membantu melembabkan kulit secara baik dari dalam.

  1. Olah raga

Membantu memompa darah ke kulit. Sehingga kulit mendapat nutrisi penting untuk aktivitas.

  1. Menghilangkan stress

Stres dapat membuat kulit menjadi lebih reaktif, baik area berminyak maupun kering. Cobalah meditasi, yoga, mendengarkan musik, atau apa pun yang cocok untuk membantu menghilangkan stress.

Kulit kombinasi adalah salah satu jenis kulit yang lebih populer. Hampir sebagian besar orang memiliki jenis kulit kombinasi. Meski merawatnya agak sedikit sulit namun tetap ada pilihan yang lebih baik untuk menjaga kondisi kesehatan kulit berminyak. Perkembangan tekhnologi yang semakin terdepan sudah banyak menemukan inovasi produk yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit sampai ke inti dasar penyebab. Bukan hanya penanganan sementara di permukaan. Dan TRULUM ampule salah satu produk perawatan wajah yang sangat mengerti permasalahan pada kulit kombinasi.

 

Baca juga

Berencana ibadah haji dan umrah? ini produk perawatan wajah khusus buat anda

Vitamin E manfaat perlindungan terdepan untuk menjaga kecantikan wajah

Hobby traveling? ini produk perawatan wajah yang praktis buat anda

Produk perawatan wajah mahal VS produk perawatan wajah murah

Backpacker ini solusi perawatan wajah yang mudah untuk anda

Keajaiban vitamin C untuk kecantikan semua jenis kulit wajah

Kulit menua kencangkan kembali dengan TRULUM

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Content is protected !!