KAKADU PLUM SEBAGAI ANTIOKSIDAN SUPER UNTUK MERAWAT KULIT

Kakadu plum sebagai antioksidan super untuk merawat kulit karena mengandung bahan nutrisi penting yang sangat kaya antioksidan. Di Indonesia mungkin masih kurang  populer dengan buah ini, meski berasal dari negara tetangga kita Australia.

Kakadu plum memiliki nama botani Terminalia Ferdinandiana. Merupakan tanaman asli tumbuh di Australia dan sudah lama digunakan sebagai tanaman obat oleh penduduk asli suku Oborogin.

Diperkirakan kedepannya akan menjadi superfood. Tumbuh secara liar di daerah utara, barat  hingga ke timur Australia. Terutama di padang rumput tropis. Karena bersifat tumbuhan liar, maka tidak membutuhkan perawatan khusus dan mudah berkembang.

Mempunyai rasa yang sangat asam. Akibat kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Jika memakannya secara mentah dapat membuat mulut terasa sangat kering. Kandungan vitamin C nya terbanyak dibandingkan dengan jeruk, kiwi, grapefruit dan cabai.

Kakadu plum sebagai antioksidan super untuk merawat kulit

Australian Government’s Rural Industries Research and Development Corporation menjelaskan kandungan vitamin C dalam 100 mg  Kakadu Plum kering mengandung 7,000 mg.

Selain karena kandungan vitamin C  tinggi. Studi terbaru telah melaporkan Kakadu plum sebagai sumber antioksidan yang sangat baik. Dalam 100 mg buah Kakadu plum memiliki tingkat kandungan vitamin C  900 kali lebih tinggi dibandingkan blueberry.

Buah yang kaya dengan vitamin B, seperti B1, B2, B3, dan B9 (folat)  juga mengandung vitamin E. Selain itu juga terdapat  mineral seperti  kalsium, tembaga, besi, magnesium, phosphorus, potassium, sodium, serat, asam lemak omega 3, dan zinc.

Dari vitamin dan mineral yang disebutkan diatas adalagi nutrisi penting lainnya terkandung dalam buah Kakadu Plum. Yaitu zat-zat phytonutrient.  Jenis zat makanan khusus yang terdapat dalam buah dan sayur sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Melihat begitu lengkap kandungan nutrisi dalam buah unik ini. Sepantasnya buah Kakadu plum dapat menjadi makanan super.

Pemanfaatan Kakadu Plum di industri kecantikan

Mengamati perkembangan begitu banyak manfaat buah Kakadu Plum, industri kecantikan dan perawatan kulit khususnya tidak mau ketinggalan.

Walapun Kakadu plum sudah digunakan dalam berbagai macam pengobatan penyakit. Kini riset dan tekhnologi kemudian dikembangkan untuk mengambil ektrak buah Kakadu Plum, digunakan dalam merawat keindahan kulit.

Beberapa kandungan penting yang terdapat dalam buah Kakadum plum adalah:

  1. Kandungan sejumlah antioksidan super

Khasiat utama buah Kakadum plum yang paling dicari adalah antioksidan. Buah ini mengandung sejumlah bahan antioksidan kuat seperti  senyawa fenolik. Tugas utama antioksidan adalah perlindungan terhadap sel dari kerusakan oksidatif melalui pembersihan radikal bebas, sehingga menghindari sel dari kerusakan yang dapat terjadi di asam nukleat, protein, dan lipid.

Dapat berinteraksi  langsung dengan reseptor atau enzim yang terlibat dalam penyampaian sinyal adanya bahan radikal bebas yang merusak. Senyawa fenolik tumbuhan umum termasuk flavonoid, tanin, anthocyanin, dan asam galat.

Antioksidan jenis lain seperti asam ellagic, Hesperitin,  glikosida kaempferol, luteolin, asam benzoat, flavanol, dan flavanon.

  1. Kandungan vitamin C tinggi

Vitamin C adalah antioksidan terpenting untuk memperlambat proses penuaan. Membuat kulit menjadi tangguh dalam menghadapi banyak faktor yang akan merusak kulit.

Vitamin C dari buah Kakadu Plum diperlukan untuk membantuk membentuk proline, asam amino yang membuat kolagen. Karena kakadu plum mengandung banyak vitamin C, sekarang mulai digunakan di produk perawatan kulit premium. Sebagai anti kerut, mencerahkan kulit dan meremajakan.

  1. Kandungan vitamin B

Viamin B memiliki manfaat khusus untuk kesehatan kulit. Terutama vitamin B3. Yaitu niacin. Niacin memang mempunyai manfaat untuk kesehatan dan keindahan kulit anda.

  1. Kandungan vitamin E

Siapa yang tidak kenal vitamin E sebagai vitamin kecantikan kulit. Ternyata ektrak buah Kakadum plum mengandung vitamin E sebagai perlindungan terdepan untuk menjaga kecantikan wajah.

  1. Kandungan sejumlah mineral

Buah Kakadu plum selain terdapat kandungan vitamin, juga mengandung sejumlah mineral penting seperti kalsium, zinc, magnesium, seng, kalsium, kalium, natrium, besi, fosfor, mangan dan tembaga.

Mineral juga diperlukan untuk kesehatan kulit. Seperti kalsium untuk manfaat kecantikan kulit wajah.

  1. Sangat kaya klorofil

Telah terbukti mampu menghilangkan stres oksidatif. Klorofil sebagai zat hijau daun juga meningkatkan nutrisi untuk jaringan kulit. Klorofil memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Kakadu plum sebagai antioksidan super untuk merawat kulit

Antioksidan super dalam ektrak buah Kakadu plum

  1. Flavonoid

Berfungsi efektif untuk menyerap radiasi UV, terutama radiasi UVB, sehingga dapat mengurangi kerusakan UV pada sel yang terpapar. Sehingga efektif mengatasi kemerahan akibat kulit terbakar.

Membersihkan dan mengurangi jumlah molekul oksigen reaktif sebagai radikal bebas yang merusak. Berperan dalam memperbaiki DNA yang rusak dan meningkatkan aliran darah ke kulit.

Dapat meningkatkan elastisitas kulit dan kelembaban kulit sehingga menghilangkan kerutan dan garis halus.

  1. Tanin

Berfungsi untuk menenangkan kulit dan mengurangi tingkat sensitivitas kulit.

Mampu membuang radikal bebas dengan cara menempel pada radikal bebas di kulit dan membuangnya. Sehingga pori-pori menjadi bersih dan kulit bercahaya.

Dapat membantu menyeimbangkan kadar pH kulit dan mencegah kulit menjadi terlalu kering atau terlalu berminyak.

Hasil riset menujukkan Tanin Juga efektif untuk melindungi kulit dari radiasi matahari dan resiko kanker akibat paparan sinar UVB.

  1. Anthocyanin

Antioksidan jenis ini membantu sistem kekebalan pada kulit. Bekerja lebih efisien terhadap semua jenis infeksi. Menurunkan reaksi peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan sel kulit yang meluas.

Sehingga efektif untuk mengatasi infeksi jerawat dan mempercepat penyembuhan jerawat. Dengan kemampuan memicu peremajaan kulit dan meningkatkan pertumbuhan luka di sel keratinosit dan fibroblast.

Untuk menetralkan radikal bebas beracun yang dapat merusak kulit. Melindungi kulit terhadap kerusakan sel oksidasi dan kanker mutagenesis yang picu oleh sinar ultraviolet.

  1. Gallic Acid atau asam galat

Dapat mengurangi kerusakan DNA dan mengandung bahan aktif untuk anti-penuaan yang ampuh. Mencerahkan warna kulit dengan mengurangi tampilan bintik matahari.  Mengurangi pigmentasi warna seperti lingkaran gelap.  Membantu mengurangi peradangan kulit dan kemerahan.

  1. Asam Ellagic

Membantu melindungi kulit dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radiasi UV dan proses penuaan alami. Meratakan warna dan mencerahkan kulit.

Berisi aktif aktif yang mengobati kulit terbakar dan peradangan. Karena mengandung bahan aktif yang membantu mengurangi  kerusakan kulit akibat cahaya matahari.

  1. Hesperitin

Jenis antioksidan lain yang dapat membantu memperbaiki warna kulit Anda. Dengan bekerja secara sinergis dengan vitamin C, membantu memproduksi kolagen. Juga membantu regenerasi sel-sel kulit secara konstan.

Memperkuat kapiler dengan meningkatkan kekuatan dan elastisitas dinding pembuluh darah sehingga meningkatkan kekuatan kapiler yang memberi nutrisi ke kulit dermis dan epidermis. Juga dapat menghilangkan kantong mata, karena aliran darah yang lancar nutrisi.

  1. Glikosida Kaempferol

Kamperol memiliki antioksidan tertinggi. Dari 35 flavonoid yang diuji oleh Cos et al. pada tahun 2001 untuk aktivitas peroksidasi lipid, kaempferol diidentifikasi memiliki indeks selektivitas antioksidan tertinggi (Planta Med. 2001; 67: 515-9).

Selain itu, kaempferol dapat bertindak sebagai pelindung efektif terhadap kerusakan kulit akibat paparan radiasi sinar UVB dan penuaan pada fibroblast kulit serta mengatasi berbagai peradangan.

  1. Luteolin

Memiliki kemampuan mengambil senyawa reaktif yang mengandung senyawa oksigen dan nitrogen, yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Bekerja sebagai antioksidan yang dapat bekerja sama dengan antioksidan yang lain. Hasil riset menunjukkan bahwa luteolin sebagai antioksidan super yang efektif mencegah penuaan akibat sinar matahari.

Mengatasi reaksi peradangan. Bertindak sebagai agen anti inflamasi dengan mengaktifkan enzim antioksidan, dan menekan senyawa proinflamasi. Juga berfungsi sebagai anti infeksi.

  1. Benzoat Acid

Asam benzoat membantu mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Membantu tubuh melepaskan sel-sel kulit mati.
Mengatasi masalah iritasi kulit dan peradangan yang disebabkan oleh bermacam-macam penyebab yang dapat mencederai kulit.

  1. Flavanol

Sebagai antioksidan yang mendukung kesehatan pembuluh darah dan sirkulasi darah yang lancar. Sehingga dapat meningkatkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke kulit.

     11. Flavanon

Flavanon menunjukkan aktivitas antioksidan dan radikal yang kuat. Sebagai anti mikroba, anti inflamasi, dan anti alergi.

Kakadu plum sebagai antioksidan super untuk merawat kulit

Masalah kulit yang dapat diatasi oleh ektrak Kakadu plum

  1. Menghilangkan keriput dan garis garis penuaan
  2. Mengencangkan kulit
  3. Mencerahkan wajah
  4. Berfungsi sebagai SPF khususnya perlindungan terhadap UVB
  5. Menghilangkan jerawat
  6. Mengatasi kulit alergi
  7. Antioksidan tinggi sangat baik untuk detoks kulit
  8. Menghilangkan kantong mata
  9. Menghilangkan gari hitam bawah mata
  10. Membuat kulit merona cerah

Kandungan nutrisi dan zat penting yang sangat lengkap terdapat dalam buah Kakadu plum sangat bermanfaat untuk merawat kulit. Apalagi untuk mempertahkan kecantikan kulit wajah. Bahan nutrisi yang pasti sangat disukai oleh sel-sel kulit. Terutama dapat melawan tanda penuaan dan meremajkan sel kulit.

Namun kembali lagi riset dan tekhnologi menentukan apakah kandungan zat yang super dalam Kakadu plum memang dapat diambil dan diektrak sehingga tidak mengubah sifat biokimianya. Baca tentang produk perawatan wajah mahal VS produk perawatan wajah murah.

Hanya produk perawatan wajah tertentu berkelas premium yang dapat mengambil ektrak buah Kakadu plum sebagai antioksidan super untuk merawat kulit.

 

Baca juga:

Rhodosorus marinus ganggang unik untuk menghentikan inflamasi kulit

Ektrak daun kaktus opuntia ficus indica untuk merawat kulit pria

Daun jojoba manfaat antioksidan untuk merawat kecantikan

Squalane sebagai pelembab dalam produk perawatan kulit

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Shares
error: Content is protected !!