FUNGSI NITRIC OXIDE INOVASI BARU UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN KULIT

Fungsi Nitric Oxide inovasi baru untuk kesehatan dan kecantikan kulit, seiring dengan semakin terjawabnya teka teki tentang keunikan karakter si radikal bebas baik yang satu ini.

Fungsi Nitric Oxide secara keseluruhan sudah semakin banyak diketahui. Terutama untuk kesehatan jantung, namun kini dikembangkan penggunaan gas Nitric oxide di bidang kecantikan kulit.

Bahkan sedang dilakukan banyak penelitian untuk di gunakan dalam obat jerawat dan sunscreen, mengingat besarnya peran gas Nitric Oxide untuk membuat dinding pertahanan kulit dan mengobati berbagai infeksi.

Sebagai mana diketahui Nitric Oxide dalam tubuh utamanya di buat di lapisan endotel pembuluh darah. Diproduksi juga di serabut syaraf, otot, sel epitel, hati dan sel kulit juga tak mau ketinggalan ikut memproduksi Nitric Oxide.

Apabila dibagian lain membutuhkan enzim Nitric Oxide Syntesa atau NOS untuk membentuk Nitric Oxide dari asam amino jenis L-Arginin.  Di kulit proses produksinya lebih unik.

Kulit dapat membentuk Nitric oxide tanpa membutuhkan enzim tersebut. Yaitu dihasilkan dari sinar UVA yang menerpa kulit dan kerja bakteri baik yang membentuknya dari zat nitrat dalam keringat.

Fungsi Nitric Oxide inovasi baru untuk kesehatan dan kecantikan kulit
Fungsi Nitric Oxide inovasi baru untuk kesehatan dan kecantikan kulit (KissPNG)

Pembentukan dan Fungsi Nitric Oxide di Kulit

Untuk memperoleh fungsi Nitric Oxide bagi tubuh, maka untuk membuatnya mutlak membutuhkan enzim  NOS. Kecuali yang dibentuk oleh sel hati membutuhkan enzim argininosuccinate lyase.  

Tanpa enzim NOS baik pembuluh darah, syaraf, otot dan sel epitel tidak akan bisa memproduksi Nitric Oxide.

Untuk memudahkan identifikasi berasal darimana saja, maka para ahli memberi kode/tipe masing-masing untuk enzim NOS. Enzim yang diproduksi oleh sel serabut syaraf maka diberi kode NO1.  NOS yang dihasilkan dari proses inflamasi maka diberi kode NOS2. Terakhir NOS yang dihasilan dari sel endotel pembuluh darah diberi kode NOS3.

Di kulit ada sesuatu hal yang sangat spesifik berkaitan dengan pembentukan Nitric Oxide. Dapat dibentuk melalui beberapa jalur:

1. Jalur Enzim NOS

Di lapisan Epidermis

Enzim NOS di lapisan epidermis diperoleh dari serabut syaraf yang menjulur ke semua bagian kulit. Karena permukaan kulit atas memiliki tugas menangkap sensasi rasa sebagai indera perasa, maka terdapat banyak serabut-serabut syaraf di sini untuk menangkap sinyal apapun dari luar tubuh. Dan serabut syaraf tersebut memiliki enzim NOS1 untuk pembuatan Nitric Oxide di kulit.

Sel epidermis secara anatomis tersusun dari sel epitel. Sel epitel juga memiliki Enzim NOS.

Karena sel di lapisan epidermis juga sering mengalami inflamasi, maka di sini juga terdapat enzim NOS yang diinduksi atau dipicu dari proses radang. Disebut enzim NOS2.

Perhatikan bahwa di lapisan epidermis tidak memperoleh enzim NOS3 dari sel endotel, karena lapisan ini tidak memiliki pembuluh darah.

Lapisan Dermis

Memiliki semua tipe enzim NOS. NOS 1, NOS 2 dan NOS 3, karena lapisan dermis memiliki pembuluh darah, pembuluh syaraf dan sel penyusun yang dapat mengalami infeksi.

2. Jalur Sinar UVA

Hasil penelitian pada kulit manusia ditemukan adanya enzim nitrit dan S-nitrosothiols atau thionitrites atau RSNO dengan jumlah 25 atau 360 kali lipat lebih tinggi daripada yang ditemukan dalam darah orang sehat. Artinya komposisinya jauh sangat tinggi di kulit.

Nitrit dan S-nitrosothiols atau RSNO juga merupakan enzim yang terdapat dalam pembuluh darah, saluran pernafasan dan kulit. Di kulit enzim ini saat terpapar sinar UVA melalui serangkaian proses kimia menjadi dasar pembentukan Nitric Oxide.

Meskipun matahari sangat berbahaya untuk kulit, terutama yang sangat ditakutkan adalah sinar UVA, ternyata keberadaan sinar UVA sangat membantu kulit menghasilkan Nitric Oxide.

3. Jalur Bakteri di Kulit

Pada permukaan kulit terdapat banyak sekali bakteri baik yang membantu menjaga kulit dari serangan bakteri jahat. Kepintaran Bakteri yang hidup di sini ternyata dapat menghasilkan Nitric Oxide.

Bakteri dapat mengambil zat nitrit dari keringat, kemudian oleh enzim bakteri dirubah menjadi Nitric Oxide.

Bakteri juga dapat menghasilkan enzim yang sangat mirip dengan enzim NOS. Dan ini juga dapat memproduksi Nitric Oxide.

Mengetahui ada banyak mekanisme di kulit yang bahu membahu bekerja menghasilkan Nitric Oxide, pastinya gas radikal bebas baik ini sangat diperlukan oleh kulit. Apalagi semua bagian sel kulit memproduksi Nitric Oxide termasuk sel keratinosit, sel endotel, fibroblas, melanosit, adiposit, sel Langerhans, neutrofil, dan makrofag.

Para ahli kemudian menemukan banyak sekali manfaat dan fungsi Nitric Oxide di kulit manusia. Secara keseluruhan fungsi Nitric Oxide di kulit untuk mempercepat semua kiriman sinyal komunikasi antar seluruh sel kulit dan komponennya untuk saling berinteraksi secara baik dalam mempertahankan fungsi penting kulit. Baik untuk melindungi. Proses regenerasi. Proses perbaikan sel, proses pengaturan dan lain-lain.

Fungsi Nitric Oxide inovasi baru untuk kesehatan dan kecantikan kulit
Nitric Oxide diproduksi oleh sel kulit untuk kesehatan dan kecantikan kulit (KissPNG)

Fungsi Nitric Oxide untuk kulit

1. Melindungi kulit dari sinar matahari

Saat kulit terpapar sinar matahari baik UVA, UVB dan UVC, jelas akan merusak sel-sel kulit. Sel yang paling penting harus dihindari adalah sel aktif yang memiliki DNA di lapisan stratum basale. Baca tentang kenali lapisan epidermis kulit wajah anda.

Paparan sinar matahari dapat mengganggu DNA dan merubah sifat DNA normal menjadi DNA mengarah ke kanker.

Selain itu sinar matahari menyebakan sel melanosit melindungi sel kulit aktif dengan memproduksi melanin lebih banyak, sehingga kulit menjadi gelap. Dan inilah cikal awal mula terjadinya flek karena sinar matahari. Dijelaskan pada flek hitam dan faktor penyebab terjadinya hiperpigmentasi.

Sinar matahari juga akan memicu sejumlah proses peradangan saat sel kulit rusak. Diawali dengan timbulnya kemerahan atau eritema. 

Proses peradangan juga akan merangsang melanosit memproduksi melanin, sehingga tambah beresiko terjadinya hiperpigmentasi.

Saat kulit terpapar sinar matahari, terutama sinar UVA  selain merusak kulit ternyata sinar ini membuat kulit mengaktifkan enzim nitric dan thionitrites untuk membentuk Nitric Oxide.

Nitric Oxide juga dihasilkan oleh sel syaraf yang terletak diantara sel kulit epidermis, juga oleh sel epitel penyusun sel kulit yang mengalami peradangan saat terbakar sinar matahari.

Sinar matahari pastinya mempercepat penuaan kulit. Dan ini menjadi faktor utama penuaan dini. Selain secara langsung merusak sel kulit, juga merusak elastin kolagen, merusak protein dan lemak pengisi celah kulit juga merusak DNA.

Fungsi Nitric Oxide di sini tentu diperlukan kulit untuk melindungi diri dari kerusakan sinar matahari. Menghentikan respon peradangan pada sel kulit yang rusak. Mempercepat perbaikan sel kulit baru dan memperkuat sel keratin untuk membentuk dinding pertahanan agar sel dibawahnya yang masih mudah tidak rusak. Selain itu juga untuk mencegah hilangnya molekul air dari kulit saat terpapar panas.

Meningkatkan Sirkulasi

Sel dermis memiliki pembuluh darah yang dapat memproduksi Nitric Oxide. Dengan demikian pembuluh darah yang menuju ke kulit menjadi sangat fleksibel, elastis dan melebar. Sehingga meningkatkan aliran darah ke kulit. Tentu saja menyebabkan pengiriman nutrisi dan oksigen ke  kulit sangat baik sehingga dapat menjalankan berbagai fungsinya.

Mencegah Aktivitas Melanosit

Dengan membentuk perlindungan kuat pada sel keratin, maka sel melanosit tidak terpapar panas sehingga tidak memproduksi melanin.

Mencegah Kemerahan dan Peradangan Akibat Sinar Matahari

Saat terpapar panas fungsi NItric Oxide di kulit untuk mengurangi respon peradangan dan mempercepat perbaikan sel kulit rusak.

Sebagai Antimikroba

Fungsi Nitric Oxide mencipatakan sinyal  komunikasi antar bakteri baik untuk saling melindungi kulit dari bakteri jahat yang menyerang.

Nitric oxide juga memperkuat kulit dari serangan zat penghancur. Baik dari bakteri, jamur maupun virus.

Mengurangi Resiko Penuaan Kulit Akibat Sinar Matahari dan Mencegah Kanker Kulit

Dengan sejumlah perlindungan yang dilakukan saat kulit terpapar sinar matahari, maka kerusakan kulit yang menyebabkan penuaan dini dapat dihindari.

Memiliki Peranan Penting untuk Proses kKatinosit di Lapisan Epidermis

Proses keratinosit adalah proses pembentukan, pembelahan, pematangan, menjadi sel tua, mati dan dilepaskan dari dengan siklus 28-35 hari. Itu merupakan proses regenerasi normal sel lapisan epidermis.

Semua proses tersebut sangat membutuhkan koordinasi dan komunikasi antar semua sel dilapisan ini agar tahapan proses berjalan baik. Disinilah fungsi Nitric Oxide sangat diperlukan. Sebagai pembawa pesan cepat sinyal komunikasi antar sel.

Berperan Penting Untuk Proses Fibroblast di Lapisan Dermis

Sama halnya dengan yang terjadi di lapisan epidermis. Proses fibroblast merupakan proses regenerasi sel di lapisan dermis. Fungsi Nitric Oxide untuk membawa pesan sinyal komunikasi antar sel dermis.

Mempercepat Pemyembuhan Luka

Berkontribusi pada pembentukan jaringan baru dengan memicu perpindahan sel endotel ke jaringan baru untuk pembentukan sel darah baru. Memicu pembelahan dan pematangan sel baru untuk mempercepat pertumbuhan jaringan. Dengan demikian, sangat berperan dalam pertumbuhan kapiler baru di area luka selama perbaikn.

Mengobati Jerawat dan Bekas Jerawat

Fungsi Nitric Oxide kini semakin dikembangkan untuk mengobati jerawat. Sehinga diteliti penggunaannya dalam obat oles jerawat. Merujuk kepada kemampuannya dalam menghancurkan bakteri penyebab jerawat dan proses percepatan perbaikan dan pertumbuhan jaringan baru pasca terjadi jerawat. Karena itu efektif mencegah cacat kulit bekas jerawat.

Mengatasi masalah kulit berminyak

Temuan laboratorium terbaru menunjukkan fungsi Nitric Oxide dapat mengurangi produksi sebum sampai dengan 20% selama 24 jam. Karena itu pemanfaatan Nitric Oxide kini juga dikembangkan untuk mengatasi kulit berminyak.

Fungsi Nitric Oxide inovasi baru untuk kesehatan dan kecantikan kulit
Psoriasis dapat disebabkan oleh efek negatif Nitric Oxide di Kulit (KissPNG)

Dibalik Fungsi Nitric Oxide yang Positif Ada Efek Negatif

Meski banyak manfaatnya untuk kulit, adakalanya keberadaannya atau pelepasan yang tidak tepat, atau bisa juga disebabkan oleh reaksi tubuh berlebihan terhadap fungsi Nitric Oxide. Dapat menimbulkan sejumlah penyakit kulit.

Cutaneous lupus erythematosus

Gangguan akibat inflamasi kulit seperti : psoriasis, dermatitis atopik, dermatitis kontak iritan dan alergi

Keloid

Morphea / scleroderma

Pemphigus vulgaris

Pityriasis lichenoides

Sindrom Sjögren

Sindrom Stevens-Johnson / nekrolisis epidermal toksik

Tidak bisa dipungkiri, di alam.ini segala sesuatu ada efek baik pasti juga memiliki efek buruk. Perubahan suatu kondisi terkadang dapat menyebabkan proses normalpun menjadi gangguan. Seperti pada penyakit autoimun.

Begitu juga dengan keberadaan Nitric Oxide. Juga memilki efek negatif dan menimbulkan penyakit kulit. Tetapi secara keseluruhan demikianlah pemaparan tentang fungsi Nitric Oxide inovasi baru untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Baca Juga:

Lapisan hipodermis struktur dan fungsi perlindungan

11 perilaku tidak sehat menyebabkan penuaan dini wajah

Estrogen dan fungsi penundaan penuaan wajah di lapisan dermis

Sunblock sunscreen perlindungan kulit dari kejahatan sinar matahari

Hormon estrogen dan fungsi kecantikan kulit wajah di lapisan epidermis

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Content is protected !!