PERAWATAN RAMBUT SELAMA MUSIM HUJAN AGAR TETAP SEHAT DAN INDAH

Perawatan rambut selama musim hujan agar tetap sehat dan indah memang bukan perkara mudah. Seringnya terkena percikan hujan tanpa sengaja membuat hari-hari sedikit merepotkan. Percikan maupun cipratan pasti membuat rambut jadi lepek dan berbau tak sedap.

Biasanya setelah terkena hujan, anda dapat merasakan kulit kepala yang gatal-gatal, kotor, mudah rontok serta terlihat berminyak. Ini disebabkan oleh paparan air hujan dan perubahan kondisi pada kulit kepala. Percikan air hujan pastinya mengandung berbagai bahan berbahaya, sehingga sangat tidak menyehatkan bagi rambut dan kulit kepala.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tardapat 1.362 bakteri per sample air hujan. Salah satu bakteri yang banyak ditemukan di air hujan adalah coliform. Bakteri yang berasal dari kotoran atau feces manusia maupun hewan. Juga masih banyak jenis bakteri lain dari udara.

Selain bakteri, air hujan bersifat asam dengan PH 5,6 meski masih dianggap normal. Tetapi hujan turun di daerah perkotaan dan kawasan industri, harus lebih diwaspadai. Kandungan air hujannya tentu lebih asam dan banyak bahan-bahan kimia berbahaya. Sehingga dapat merusak rambut dan kulit kepala.

Perawatan rambut selama musim hujan agar tetap sehat dan indah
Perawatan rambut selama musim hujan agar tetap sehat dan indah (Pexels.com)

Jenis Dan Perawatan Rambut

Rambut memang memiliki beberapa jenis dan kondisi yang berbeda-beda. Biasanya ditentukan oleh kutikula dan porositas rambut. Tentu sifat dasar tersebut juga diturunkan secara genetik dan dapat mengalami perubahan akibat perlakuan tertentu.

Ada beberapa kondisi rambut seperti rambut lurus, ikal, keriting, halus dan bekas pengecatan. Ada juga yang mengacu pada tingkat porositas.

Rambut Porositas Rendah

Rmbut jenis ini akan terasa lebih berminyak dan lembab. Kutikula akan lebih sedikit yang terbuka. Sehingga dapat menahan air. Tetapi batang rambut tetap kering. Saat musim hujan rambut justru lebih cenderung kering.

Rambut Porositas Sedang

Rambut dengan porositas sedang, memiliki ciri rambut cukup basah namun tidak menyebabkan lengket. Perawatan pada rambut seperti ini lebih mudah

Rambut Porositas Tinggi

Perawatan jenis rambut high porosity atau tingkat kutikulanya sangat terbuka, sehingga memudahkan penyerapan air, minyak dan kotoran ke batang rambut. Model rambut seperti ini harus lebih rajin memperhatikan perawatan rambut, terutama selama musim hujan.

Bukan hanya masalah pada batang rambut tetapi juga pada akar rambut. Saat musim dingin yang notabene cuaca lebih lembab, akan mengakibatkan terjadinya peningkatan volume kulit kepala.

Akar rambut cenderung lebih longgar dan terbuka. Akibatnya rambut menjadi mudah rontok. Sehingga selama musim hujan membutuhkan perawatan rambut yang intensif dan harus memperlakukan rambut dengan lebih berhati-hati.

Perawatan rambut selama musim hujan agar tetap sehat dan indah
Perawatan rambut selama musim hujan agar tetap sehat dan indah (KissPNG)

Langkah Perawatan Rambut

1. Segera Cuci Rambut

Saat rambut terkena percikan air sebaiknya segera membilas dan membersihkan percikan air hujan yang mengandung berbagai bakteri dan bahan asam dari udara yang merusak kulit kepala dan rambut.

Lakukan keramas 3-4 kali selama musim hujan. Untuk membersihkan semua kotoran dan minyak yang menempel.

Ketika rambut terkena terpaan air hujan, maka sangat dianjurkan untuk segera mencucinya dengan bersih. Cara ini berguna untuk membersihkan rambut dari kotoran dan polusi yang menempel pada rambut dan kulit kepala.

Gunakanlah shampoo yang ringan dan cuci rambut dengan lembut agar rambut tidak cepat kering dan rusak meskipun dicuci berkali-kali. Sebaiknya, penggunaan air panas atau hangat dibatasi karena bisa menyebabkan kekeringan.

2. Gunakan Shampoo Yang Tepat

Gunakan samphoo ringan dan bahan alami yang tidak merusak rambut dengan pemakaian yang sering selama musim hujan.

Pada tipe rambut yang high porosity, yang rambut gampang lepek selama musim hujan, sebaiknya tidak menggunakan dry shampoo.

Dry shampoo sat terkena hujan akan mengakibatkan pelepasan bahan-bahan kimia yang mudah menempel pada rambut dan kulit kepala. Apabila terjadi terus menerus dapat menimbulkan ketombe.

Hindari juga menggunakan air panas untuk membatasi timbulnya kekeringan yang tambah parah.

3. Gosok Kulit Kepala Secara Menyeluruh

Saat mencuci rambut, usahakan menggosok kulit kepala secara menyuluruh, untuk membersihkan kulit kepala agar terhindar dari perkembangbiakan ketombe di kepala.

Sangat tidak menarik memang. Saat musim hujan bukannya rambut menjadi lebih bersih, tapi justru menjadi tempat penampung perkembangbiakan ketombe. 

4. Saat Terkena Hujan Segera Keringkan Rambut

Setelah terkena percikan hujan sebisanya segera keringkan rambut. Kibas-kibaskan rambut atau angin-anginkan. Apabila menggunakan pengering rambut pilih yang untuk mengeringkan secara angin dingin saja. Tidak menggunakan angin panas.

Saat musim hujan rambut menjadi lebih muda rapuh. Penggunaan air dryer angin panas akan semakin mempercepat kerusakan rambut.

5. Pada Rambut Keriting Gunakan Moisturize

Rambut keriting cenderung bersifat kering di musim hujan. Sehingga untuk membantu melembabkan batang rambut, bantu dengan menggunakan pelembab yang dioleskan pada batang rambut dan kulit kepala

6. Lakukan Pemijatan

Pemijatan pada kulit kepala penting untuk melancarkan aliran darah untuk menutrisi kulit kepala dan akar rambut. Sebaiknya lakukan 2-3 kali sehari.

Pemijatan pada kulit kepala dapat membantu meratakan penyebaran minyak alami yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea ke batang rambut. Minyak alami ini berfungsi untuk membuat rambut lebih lembut serta lembab.

Pemijatan kulit kepala dapat juga dilakukan sesaat sebelum tidur, agar saat anda tidur penghantaran nutrisi ke kulit kepala menjadi lancar.

7. Kurangi Mengikat Rambut Selama Musim Hujan

Mengikat rambut selama musim hujan sebaiknya dihindari. Apalagi saat dalam kedaan basah. Bila harus melakukan, sebaiknya tunggu dahulu hingga rambut menjadi benar-benar kering.

Mengikat rambut dalam keadaan lembab atau basah semakin membuka celah merusak batang rambut terutama pada bagian pengikatan. Memudahkan rambut tercabut pada bagian akar, akibat kondisi kulit kepala yang mengalami pengembangan dan membuka celah bagian akar rambut.

Memilih gaya rambut ponny tail sangat tidak direkomendasikan selama musim hujan karena rambut terlihat lebih lepek dan tidak rapi. Lebih baik memilih gaya rambut tergerai bebas.

8. Tingkatkan Konsumsi Air Putih

Minum air putih 8-12 gelas sehari sangat membantu mencegah rambut rontok. Air putih juga membantu menghilangkan racun pada kulit kepala. Minum air putih yang cukup dijamin dapat mengurangi kerontokan rambut.

9. Memilih Sisir Yang Tepat

Terlihat mengada-ngada namun memang memberi dampak untuk mencegah kerusakan rambut. Saat cuaca dalam kondisi lembab dan hujan, rambut memang menjadi lebih kusut dan susah diatur. Pemilihan sisir yang tepat akan menentukan bagaiman tekstur rambut terbentuk selama musim hujan.

Pilih sisir yang lebih jarang dan tidak tajam untuk menguraikan rambut kusut dan mencegah rambut tercabut dari akarnya. Jangan memaksa menguraikan kekusutan rambut. Lakukan secara pelan-pelan.

10. Menggunakan Hoodie

Meski kurang efektif tidak salah dipersiapkan. Karena hujan datangnya tidak terduga dan sulit diprediksi, jadi tidak ada salahnya untuk melidungi rambut dan kulit kepala dari air hujan dengan penutup kepala.

Perawatan rambut selama musim hujan agar tetap sehat dan indah
Perawatan rambut selama musim hujan agar tetap sehat dan indah(Pexels.com)

11. Hindari Menggunakan Hairspray

Penggunaan hairspray selama musim hujan memudahkan bahan-bahan kimia yang terdapat dalam hairspray mudah melekat pada rambut dan kulit kepala dan memudahkan terjadi katombe.

12. Hindari Produk Yang Mengandung Minyak

Produk-produk perawatan rambut yang mengandung bahan dasar minyak. Saat terkena air hujan membuat rambut semakin lepek dan menimbulkan bau tidak sedap.

13. Tingkatkan Perbaikan Gizi

Perbaikan gizi diperlukan untuk membantu memperbaiki kondisi rambut selama musim hujan.

Pastikan selalu mengosumsi makanan yang berprotein, mengandung asam lemak essensial, sayuran dan buah-buahan.

Pelajari tentang bagaimana rambut dan kuku yang indah menjadi petunjuk kualitas nutrisi.

Hujan merupakan suatu anugerah alam, meski mengakibatkan beberapa penyesuaian dan adaptasi tubuh dari ujung rambut sampai kaki karena cuaca lembab. Yang terpenting bagaimana menyikapinya dan tetap memberi perhatian pada kesehatan tubuh. Salah satunya perawatan rambut selama musim hujan agar tetap sehat dan indah.

Baca juga:

Perawatan rutin untuk rambut panjang sehat dan indah

Tips mudah cantik mantul di tahun 2019 untuk para wanita

Respon tubuh terhadap cuaca dingin dan pengaruh ke organ vital

8 Kebiasaan salah dalam merawat diri justru membahayakan kesehatan

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Shares
error: Content is protected !!