KEAJAIBAN TUBUH MANUSIA YANG TIDAK BISA DIUKUR DENGAN LUASNYA DUNIA

Keajaiban tubuh manusia yang tidak bisa diukur dengan luasnya dunia saking uniknya tubuh kita ini. Siapa yang menduga dalam tubuh rata-rata tinggi hanya 160-180 cm ternyata pada bagian dalam memiliki aneka organ dan bagian tubuh yang unik. Lebih panjang, lebih luas dan lebih lebar dari ukuran tubuh kita sendiri.

Bagian dalam memang memiliki banyak organ yang saling berhimpitan, memutar bagian lain, menutupi organ lain, melingkar dan berbelitan, panjang dan jumlahnya yang sangat banyak. Terkadang dengan angka yang tidak terbayangkan ada dalam tubuh manusia.

Tentu semua bagian-bagian tubuh harus begitu adanya, aturan yang baku untuk posisi, kemiringan, sudut, tekanan dan lain-lain. Bila ada yang berbeda dari seharusnya dapat menyebabkan gangguan.

Keajaiban tubuh manusia yang tidak bisa diukur dengan luasnya dunia
Keajaiban tubuh manusia yang tidak bisa diukur dengan luasnya dunia (KissPNG)

Keajaiban Tubuh Manusia

Keajaiban Tubuh Manusia Dengan Jumlah Sel

Tubuh tersusun dari bagian kecil yang disebut sel. Jumlah rata-rata  sel manusia sekitar 30 hingga 40 triliun sel. Jawaban pastinya belum diketahui dengan jelas.

Karena dalam tubuh manusia juga menumpang trilyunan sel bakteri. Dengan jumlah sel terbanyak adalah sel darah merah mencapai hingga 84% dari sel tubuh.

Keajaiban Tubuh Manusia Menjadi Rumah Bakteri

Hasil penelitian menemukan ada 38 trilyunan bakteri yang menumpang hidup di tubuh manusia. Dengan ukuran rata-rata lebih kecil dari sel tubuh kita. Bakteri yang terdiri dari patogen dan bakteri baik. Keberadaan bakteri jahat akan dikendalikan oleh bakteri baik. Bila bakteri jahat berlebihan, maka dapat timbul keluhan penyakit

Reruntuhan Sel Kulit Mati

Setiap menit tubuh kita melepaskan 30.000-40.000 sel kulit berjatuhan di lantai dan menjadi debu. Mengisi debu di rumah kita hingga 90%. Kalau dihitung dalam setahun kita melepaskan sel kulit mati hamper 4 kg.

Keajaiban tubuh manusia yang tidak bisa diukur dengan luasnya dunia
Keajaiban tubuh manusia terlihat dari kulit mati

Keajaiban Tubuh Manusia Memproduksi Aneka Enzim

Diperkirakan hingga saat ini, terdapat sekitar 75.000 enzim dalam tubuh manusia. Dibagi dalam 3 bagian:  enzim metabolisme yang menjalankan tubuh kita, enzim pencernaan yang mencerna makanan kita, dan enzim makanan dari makanan mentah yang memulai pencernaan makanan kita.

Keajaiban Tubuh Manusia Pada Telinga

Memiliki 24 ribu serat yang sangat halus. Didalam telingan bagian tengah terdapat tulang terkecil manusia, disebut tulang stapes. Telinga lebih banyak memproduksi zat lilin saat dalam kondisi ketakutan.

Panjang Pembuluh Darah

Pembuluh darah memiliki panjang  kurang lebih sekitar 100.000 km. Panjang yang dapat digunakan untuk mengelilingi bumi sebanyak 2,5 kali putaran. Ajaibkan membayangkan apa yang ada dalam tubuh kita sendiri. Bahkan bumi ada di dalamnya

Kajaiban Tubuh Manusia Pada Lebar Alveoli Paru

Bagian paru yang berfungsi tempat terjadinya pertukaran oksigen dan carbondioksida disebut alveoli. Dari luar terlihat seperti juntaian anggur.

Ada kurang lebih 300 juta buah alveoli dengan masing-masing diameter mencapai 200-300 mikrometer.  Sehingga luas permukaannya bila dibuka dan dihamparkan sebesar 160 m2. 100  x lebih luas dari permukaan tubuh  manusia

Kelenjar Getah Bening

Dalam tubuh manusia terdapat sekitar 600 kelenjar getah bening. Akan membengkak saat melawan infeksi. Pembengkakan yang terjadi akibat adanya penumpukan cairan getah bening, adanya penumpukan bakteri maupun organisme lain serta penumpukan dari reaksi sistem kekebalan tubuh.

Keajaiban Otak Dan Sistem Syaraf

Otak kita tersusun dari syaraf-syaraf. Ada sekitar 86 miliar jumlah syaraf  di otak. Sel-sel syaraf tersebut saling terhubung satu dengan yang lain. Terdapat sekitar 1 kuadriliun sinapsis di otak manusia. Sama dengan 1.000.000.000.000.000.000 sinapsis. Artinya juga setiap per milimeter kubik otak terdapat setengah miliar sinaps.

Sementara panjang total seluruh sel syaraf kita adalah 75 kilometer. Kecepatan transmisi mencapai  120 meter / detik.

Keajaiban tubuh manusia yang tidak bisa diukur dengan luasnya dunia
Keajaiban tubuh manusia terlihat dari sinaps syaraf (KissPNG)

Panjang Dan Lebar Usus Kecil

Usus kecil memiliki panjangnya sekitar 7 meter dengan diameter kurang lebih  2,5 cm. Tapi sebenarnya memiliki lebar sekitar 250 meter persegi atau sekitar ukuran lapangan tenis.

Dengan diameter hanya 2,5 cm bagaimana bisa memiliki lebar sampai 250 meter persegi? Itu karena adanya vili-vili kecil di dalam usus yang terlihat berupa tonjolan-tonjolan. 

Tonjolan tersebut bila dibuka dan dilebarkan satu persatu kemudian dikalkukasi dengan total penjang usus maka ditemukanlah lebar tersebut. Ada sekitar 6.000 hingga 25.000 per inci persegi  vili di dalam usus kecil

Keajaiban Organ Hati

Hati atau liver merupakan organ kedua terbesar setelah kulit. Hati merupakan satu-satunya organ yang dapat tumbuh sempurna seperti sedia kala. Seperti Wolverine bukan?

Hanya diperlukan 25 % dari jaringan asli untuk menumbuhkan kembali organ hati baru. Saat  seseorang mendonor hatinya maka dalam 2 minggu akan kembali ke ukuran aslinya. Hati merupakan organ berdarah. Dapat menyimpan sekitar 10 % dari jumlah darah di tubuh. Mampu memompa hampir 1,5 liter darah per menit.

Demikian beberapa hal keajaiban tubuh manusia yang tidak bisa diukur dengan luasnya dunia.

Baca Juga:

Sindrom usus bocor atau leaky gut sindrom membuat kulit anda rusak

NO radikal bebas baik yang sangat diperlukan untuk kesehatan

Kesehatan sel dapat dicapai dengan makanan bernutrisi

Migrain dan sakit kepala disebebakan usus bocor

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Shares
error: Content is protected !!