CREAM RACIKAN ANDA, AMANKAH DIGUNAKAN UNTUK MERAWAT KULIT WAJAH?

Cream racikan anda, amankah digunakan untuk merawat kulit wajah? Mengingat semakin banyak tersedia di pasaran aneka cream racikan untuk mempercantik kulit wajah. Tidak bisa dipungkiri dengan harga yang sangat murah meriah menjanjikan hasil maksimal.

Tapi amankah? Sebelum menjawab pertanyaan tentang keamanan menggunakan cream racikan untuk wajah Anda, sebaiknya pahami dulu tentang apasih sebenarnya cream racikan tersebut.

Istilah cream racikan bukan hal asing. Biasanya digunakan pada berbagai produk untuk perawatan kulit wajah namun dibuat  dengan cara diracik baik oleh ahli apoteker maupun dokter kulit.

Cream racikan anda, amankah digunakan untuk merawat kulit wajah?
Cream racikan anda, amankah digunakan untuk merawat kulit wajah? (KissPNG)

Pengertian Cream Racikan

Kata racikan itu sendiri bila ditinjau dari kamus Bahasa Indonesia adalah berasal dari kata “racik” yang artinya meramu, mencampur, merajang, mengiris. Biasa digunakan dalam dunia masak memasak dan obat-obatan.

Cream itu sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk aneka bentuk sediaan obat. Dimana sediaan obat terdiri dari kapsul, tablet, sirup, supositoria, salep, cream dan sediaan lainnya. 

Bila kita gabungan istilah cream racikan adalah pembuatan atau campuran beberapa bahan atau zat dengan dosis tertentu untuk penyembuhan keluhan atau masalah pada bagian kulit yang dituju.

Pada dasarnya si peracik cream apapun skala produksinya harus memenuhi standard pembuatan yang dikenal dengan cGMP atau di Indonesia dikenal dengan CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik)

Adanya standar tersebut akan sangat membantu keamanan penggunaan untuk pasien. Peraturan CGMP diterapkan untuk obat-obatan dengan memenuhi persyaratan minimum untuk metode, fasilitas, kontrol yang digunakan dalam pembuatan, pemrosesan, dan pengemasan produk obat. Peraturan ini untuk memastikan keamanan suatu produk untuk digunakan, dan memiliki bahan yang bekerja sesuai klaim yang ada.

Benarkah Memenuhi Standard?

Pertanyaannya adalah, mampukah semua peracik obat menerapkan standar CPOB dalam proses peracikan? Kalau mau jujur tentu jawabnya tidak. Pedoman penerapan CPOB tidak mungkin diterapkan dengan mudah oleh si peracik. Ada banyak kriteria yang harus dipenuhi yang malah berujung pada harga yang mahal.

Apalagi yang beredar di pasaran tidak jelas siapa peraciknya. Apakah benar orang yang memiliki keahlian di bidang itu tidak, tak ada yang tahu dengan jelas. Atau apabila sudah sampai pada skala industri apakah memiliki laboratarium untuk riset. mempunyai tenaga ahli yang sesuai dan sudah terdaftar secara resmi? Tentu pertanyaan yang sulit di jawab.

Sistem Maklon Dalam Industri Cream Racikan Wajah

Ini sepatutnya ketahui lebih banyak sebelum memutuskan menggunakan cream racikan untuk wajah. Tahukah anda diluar sana ada istilah sistem maklon cream racikan. Ada banyak kini jasa menawarkan maklon cream wajah khususnya cream pemutih.

Maklon cream wajah adalah jasa pembuatan produk perawatan wajah dalam bentuk sediaan cream, seperti untuk cream pemutih kulit wajah, cream siang malam, dan cream dari bahan herbal. Pihak penyedia jasa biasanya mereka memang dalam skala pabrik/perusahaan.

Gambaran Maklon

Kondisinya seperti ini, seseorang yang ingin bergerak di industri kecantikan yang memang kini permintaan terus meningkat, hendak membuat produk menggunakan merk sendiri. Dengan campuran bahan-bahan yang diingikan sesuai spesifikasi produk yang akan ditawarkan.

Misalnya cream pemutih dengan campuran herbal tertentu. Namun karena tidak memiliki pabrik atau alat peracik sendiri, maka dapat menggunakan jasa maklon untuk mewujudkan cream tersebut.

Amankah? Seharusnya jasa maklom tentu memiliki standard yang harus dipatuhi, tapi Anda pikirkan sendiri bagaimana kondisi cream racikan yang diracik di tempat yang sama dengan berbagai jenis merk racikan berbeda-beda, yang bahkan si pemesannya sendiri tidak tahu persis bagaimana metode keamanan di dalamnya. Untuk yang kita konsumsi saja sering terjadi kecurangan. Apalagi untuk cream luar.

Cream racikan anda, amankah digunakan untuk merawat kulit wajah?
Cream racikan anda, amankah digunakan untuk merawat kulit wajah? (KissPNG)

Mengapa Cream Racikan Harganya Murah

Ini yang menjadi pilihan pertama yang dilakukan oleh kaum wanita. Memilih cream perawatan wajah karena harganya murah. Ingin cantik seperti selebritis tapi sangat perhitungan dalam mengeluarkan biaya untuk memilih produk yang berkualitas.

Mungkin ada alasan karena tidak memiliki uang? Namun benarkah begitu? Mungkin memang benar adanya, tapi tidak 100% benar. Coba perhatikan harga tas, baju, sepatu yang digunakan atau sering keluar masuk restoran mahal, namun tetap memilih produk perawatan wajah yang murah. Jadi itu tidak sepenuhnya pada masalah biaya. Tapi pada masalah pilihan hidup.

Solusi Perawatan Wajah

Buat Anda yang memang memiliki keterbatasan dana, daripada membeli cream racikan untuk wajah karena alasan murah dan tergoda dengan hasil yang wah, lebih baik Anda rajin menggunakan bahan-bahan alami setiap hari.

Siapkan waktu hanya beberapa menit dalam 24 jam untuk sedikit peduli pada kulit wajah Anda. Misalnya sebelum tidur menggunakan masker buah-buahan yang sesuai kondisi kulit Anda.

Kekurangannya adalah harus mau sedikit repot, harus rutin dan disiplin serta  membutuhkan waktu yang lama untuk memperoleh hasil yang diinginkan. Setidaknya rutinitas yang terus dijalankan minimal 3-6 bulan.

Hasilnya tentu tidak seheboh janji cream racikan yang katanya membuat wajah kencang, kenyal, putih, bersinar dan cantik bak artis yang diendorse namun dengan harga murah. Pelajari tentang endorse artis bukan jaminan suatu produk skincare aman untuk kulit.

Ini yang membuat banyak kaum perempuan tidak tahan untuk tidak beralih pada cream yang dijual di pasaran. Padahal tanpa sadar menyemplungkan wajahnya sendiri ke jurang kehancuran.

Berapa banyak yang kita temui keluhan wanita yang akhirnya setelah menggunakan cream pemutih, malah muncul flek, wajah gosong, alergi, kulit menjadi tipis dan kondisi lebih parah dari sebelum menggunakan cream tersebut.

Apalagi Anda yang berusia masih remaja. Dimana problem kulit hanya seputar jerawat dan kulit berminyak. Waspadalah sebelum memutuskan mengambil pilihan yang akan anda sesali ke depannya. Pelajari tentang masker alami untuk kulit berminyak.

Ada beberapa alasan mengapa harga cream racikan wajah bisa murah

Menggunakan Bahan Dasar Kimia

Meski klaim menggunakan bahan alami, namun jangan percaya 100% bahwa harga murah bisa membuat cream alami dengan hebat.

Faktanya bahan-bahan alami, terkadang tidak mudah didapat. Apalagi dengan bahan organik. Proses pencampuran dengan bahan alami lain tidak mudah. Cenderung cepat berubah sifat atau tidak stabil dan manfaat kandungan zat utama yang akan diambil manfaatnya pasti menurun.

Semua itu membutuhkan dana besar untuk riset dan penyediaan laboratorum serta tekhnologi tinggi yang pasti berimbas pada harga jual yang mahal. Jadi sangat tidak mungkin menggunakan bahan herbal harganya murah.

Sementara di laboratorium semua zat di alam ini bisa dibuat secara kimia dengan mudah dengan meniru semua sifat yang ada pada bahan alami.

Tidak Melalui Proses Riset

Untuk menghasilkan suatu produk yang bermutu memerlukan proses riset panjang. Riset pasti membutuhkan dana sangat tinggi dan waktu yang bertahun-tahun dengan tenaga para peneliti yang sesuai. Semua juga akan berpengaruh pada harga jual.

Riset tentu akan sangat berguna untuk memastikan kandungan zat bahan alami, dosis yang tepat, percampuran jumlah bahan yang sama, manfaat yang sama  dengan sebelum diekstrak dan lain sebagainya.

Tidak Menggunakan Standard Tinggi

Standard tinggi yang dimaksudkan di sini adalah standard dalam peracikan bahan alami, pengawetan, tingkat sterilitas, pengemasan, penstabilan bahan dan sebagainya hanya bisa dipenuhi dengan riset, laboratorium lengkap dan tekhnologi tinggi.

Tidak Perlu BanyakTenaga Ahli

Untuk membuat suatu standar produk perawatan wajah yang bagus dan benar-benar aman untuk kulit membutuhkan banyak tenaga ahli. Ahli kimia, ahli biologi, ahli botani, dokter, tenaga peneliti, tenaga laboratorium, dermatologist dan lain sebagainya. Sekarang percayakah Anda cream racikan yang digunakan saat ini memiliki itu semua ditempat pembuatan?

Tidak Perlu Desain Kemasan Khusus

Skin care bagus pasti menggunakan kemasan yang sesuai dan elegant. Dirancang khusus agar tidak ditiru oleh kompetitor lain. Tentu dengan mempertimbangkan faktor keamanan, kestabilan bahan utama, waktu kadaluarsa, ketahanan terhadap cuaca ekstrim, pengiriman yang jauh dan sebagainya. Tahukah anda untuk mendesain kemasan saja membutuhkan riset dan tenaga perancang khusus.

Jadi sudah sangat jelas bisa dipahami mengapa cream racikan jauh lebih murah harganya. Apabila anda membeli suatu cream racikan yang harganya Rp. 50.000, bisa saja harga pembuatannya tidak lebih dari Rp.15.000.

Memastikan Keamanan Cream Racikan

Memilih produk perawatan untuk kulit wajah, sebaiknya tidak coba-coba. Karena wajah aset anda satu-satunya. Apabila rusak maka bagian yang lain menjadi berkurang keindahannya.

Untuk memastikan keamanan, yang jelas cek apakah sudah terdaftar secara resmi di BPPOM atau tidak. Jangan hanya percaya pada penjual yang mengatakan sudah ada. Anda harus cek sendiri.

Angka yang tertulis di kemasanpun harus dilakukan pengecekan kembali benar tidaknya. Faktanya banyak nomor registrasi BPOM palsu. Download aplikasi BPOM di handphone anda untuk memudahkan pengecekan kapan saja diperlukan. Anda bisa mempelajari lebih jauh tentang kosmetik ilegal sangat membahayakan, merusak kulit dan meracuni tubuh.

Setiap produk yang terdaftar di BPOM semestinya sudah memenuhi ketentuan dan syarat yang baku dengan pengawasan ketat. Jadi seharusnya sudah aman. Hanya apakah kulit Anda cocok atau tidak dengan kandungan bahan yang digunakan dalam produk tersebut.

Semakin banyak bahan herbal semakin rendah reaksi penolakan kulit. Kecuali kulit anda memang alergi dengan kandungan bahan alami tertentu. Misal, seseorang bisa saja mengalami alergi bahan dari ekstrak biji bunga matahari.

Pada orang tersebut kondisi tersebut tentu riskan menggunakan produk yang mengandung bunga matahari. Untuk mencegah hal tersebut paling baik baca keterangan kandungan bahan lengkap yang tertera di kemasan.  Perhatikan semua dengan teliti tentang cream racikan anda, amankah digunakan untuk merawat kulit wajah?

Baca Juga :

Chemical peeling manfaat dan bahaya bagi kesehatan

Detoks kulit wajah dapat dilakukan dengan 12 langkah mudah

Produk perawatan wajah mahal VS produk perawatan wajah murah

Ingin punya keturunan hindari paraben dalam skincare dan kosmetik

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Content is protected !!