CEGAH NYERI DADA ANGINA SEBELAH KIRI DENGAN NITRIC OXIDE

Cegah nyeri dada angina sebelah kiri dengan nitric oxide sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nyeri dada merupakan suatu kondisi yang pasti menakutkan bagi siapapun. Apalagi bagi yang sudah pernah mengalaminya. Bisa timbul trauma yang memperparah kondisi nyeri.

Nyeri dada sebelah kiri pasti berkaitan dengan gangguan kerja jantung. Terjadi saat otot jantung tidak mendapat cukup darah dan oksigen. Nyeri dada timbul disertai  ketidaknyamanan menjalar ke satu atau kedua bahu, lengan, ke dalam payudara, ke dalam tulang rusuk, ke sisi perut bahkan terasa seperti gangguan pencernaan. Ke leher, tenggorokan, rahang, punggung dan kepala.

Timbul kecemasan yang disebabkan sesak, dada seperti tertekan, perasaan mencengkeram, sakit yang menusuk,  otot menegang, rasa terbakar, gelisah, mati rasa, atau terasa penuh di daerah dada.

Nyeri dada yang menyebar ke bagian kiri dada biasa disebut juga dengan angina. Ini bukanlah suatu penyakit, tapi masih tahap gejala. Namun gejala yang tidak boleh diabaikan. Karena pastinya berkaitan dengan organ vital yang berperan dalam hidup matinya seseorang, karena itu mengapa mengambil langkah cepat untuk cegah nyeri dada kiri merupakan sesuatu yang urgen

Cegah nyeri dada angina sebelah kiri dengan nitric oxide
Cegah nyeri dada angina sebelah kiri dengan nitric oxide (KissPNG)

Cegah Nyeri Dada Dan Mekanisme Penyebab

Nyeri dada terjadi saat aliran darah yang membawa oksigen ke otot jantung berkurang. Jantung meskipun di dalamnya terdapat darah dan bertugas memompa darah, jantung juga membutuhkan kiriman darah dari pembuluh darahnya sendiri. Yaitu melalui pembuluh darah koroner.

Jantung memiliki otot tebal yang selalu bergerak kembang kempis untuk menyediakan darah ke seluruh tubuh. Saat organ lain beristirahat, otot jantung tidak pernah berhenti. Hanya jam metabolismenya saja yang melambat. Namun sama sekali tidak berhenti berdetak.

Agar otot jantung terus bekerja memeras darah ke seluruh tubuh dan menerima darah dari seluruh tubuh, maka membutuhkan jaminan kecukupan oksigen tiada henti.

Secara normal, dalam 1 menit jantung berdetak 75 kali. Darah yang dikeluarkan dari jantung sebanyak  5 liter per menit.

Perhitungan Kekuatan Pompa Jantung

Apabila dalam 1 menit jantung berdetak 75 kali maka dalam setahun rata-rata jantung akan berdetak hampir 4 juta kali. Perkiraan energi yang dibutuhkan agar jantung terus memompa persedian darah ke seluruh tubuh sebesar hampir 5 watt daya per jam.  

Sementara energi yang dihasilkan sebesar 115.000 J. Energi yang setara dengan orang yang memiliki berat 70 kg jatuh dari ketinggian 550 kaki atau 3.500 meter. Energi besar yang dihasilkan saat memompa darah untuk menghasilkan tekanan yang mampu mendorong darah ke seluruh bagian tubuh.

Saat kebutuhan darah oleh tubuh meningkat, seperti saat olahraga maka aliran darah bisa lima kali lebih besar dari normal. Kebutuhan energi juga bisa meningkat 2 watt lagi dari biasanya.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan selama otot jantung yang mendapat tugas berat memompa, terjamin kebutuhan oksigennya. Semakin berat memompa semakin banyak darah dan oksigen diperlukan.

Masalah nyeri muncul saat otot jantung tidak mendapat kecukupan oksigen untuk menghasilkan energi sesuai kebutuhan. Penyebab pastinya berkaitan dengan 2 hal, kandungan oksigen berkurang atau karenakan pembuluh darah ke otot jantung memiliki masalah. Misal terjadi penyempitan.

Saat terjadi penurunan oksigen, tubuh manusia memiliki sistem hebat untuk menghadapinya. Terjadi mekanisme kompensasi untuk mengutamakan kiriman oksigen ke otot jantung.

Tetapi apabila berkaitan dengan penyempitan pembuluh darah koroner maka tidak ada yang bisa dilakukan tubuh untuk memenuhi aliran darah ke otot jantung, selain menghadirkan nyeri dada kiri yang berfungsi juga sebagai alarm untuk kita segera menghentikan aktivitas yang memperberat jantung.

Cegah nyeri dada angina sebelah kiri dengan nitric oxide
Gambaran pembuluh darah koroner (KissPNG)

Pembuluh Darah Koroner

Pembuluh darah koroner merupakan membuluh darah yang memberikan darah khusus ke otot jantung. Terlihat dari luar membungkus bagian luar jantung.

Terbagi 2 percabangan utama kiri dan kanan sebagaimana pembagian jantung yang menjadi 2 bagian. Memiliki cabang-cabang kecil yang menyusup ke dalam otot jantung untuk mengalirkan darah ke setiap sudut jantung.

Jantung mungkin mendapatkan aliran darah yang pertama sebelum organ tubuh lain memperolehnya. Tetapi jantung tidak serakah ingin mendapatkan semua. Saat dalam kondisi kerja normal jantung rata-rata hanya membutuhkan secangkir darah per menit.

Jantung mendapat aliran darah dari arteri koroner secara bertahap. Sebagian besar mengalir saat jantung dalam kondisi relaksasi. Saat dimana darah dari luar tubuh masuk ke ruang jantung kiri dan kanan.

Mengapa begitu? Karena saat jantung berkontraksi kuat memeras darah, terjadi pemendekan serat-serat otot dan menjepit pembuluh darah koroner yang melingkari jantung. Pada kondisi tersebut tentu aliran darah ke otot jantung tidak bisa masuk dengan lancar.

Mengapa arteri koroner penting? Karena satu-satunya pembuluh darah yang mengirimkan darah pengangkut oksigen dan nutrisi lainnya untuk keperluan aktivitas otot jantung yang demikian besarnya. Bila terjadi penyempitan dan sumbatan maka aliran darah berkurang, otot jantung mengalami iskemik.

Mekanisme Terjadi Nyeri

Saat aliran darah menuju otot jantung berkurang karena penyempitan, maka sel-sel otot jantung mengalami penurunan oksigen. Sementara otot jantung harus terus bergerak memompa darah. Sebagaimana setiap sistem yang terjadi di dalam tubuh memiliki hukum kerjanya masing-masing.

Maka setiap sel tubuh mengalami kekurangan oksigen akan terjadi metabolisme anareob. Metabolisme anaerob adalah upaya sel untuk tetap mengadakan proses biokimia dalam upaya menghasilkan energi dengan cara lain.

Metabolisme normal terjadi secara aerob, atau dengan menggunakan oksigen. Tetapi dalam situasi tanpa oksigen sel akan tetap berupa menghasilkan energi melalui metabolisme anaerob atau tanpa menggunakan oksigen.

Metabolisme anaerob tentulah tidak seefisien metabolisme aerob. Proses pembakaran 1 molekul glukosa hanya dapat menghasilkan 3 molekul energi. Padahal secara aerob menghasilkan 39 molekul energi.

Metabolisme anaerob juga hanya dapat menggunakan glukosa dan glikogen, sementara metabolisme aerob dapat menggunakan sumber lain selain glukosa, seperti memecah lemak dan protein.

Satu hal penting lagi, metabolisme anaerob menghasilkan asam laktat. Asam inilah yang kemudian menimbulkan nyeri dada saat terjadi penurunan aliran darah ke otot jantung.

Produksi asam laktat dari hasil  metabolimse anaerob dapat merusak sel-sel sekitar yang masih normal, juga merangsang syaraf nyeri yang ada di mana-mana. Sensasi nyeri ini kemudia menebar ke tubuh bagian kiri.

Cegah nyeri dada angina sebelah kiri dengan nitric oxide
Penyebab nyeri dada disebabkan oleh metabolisme anareob (KissPNG)

Peran Nitric Oxide Untuk Cegah Nyeri Dada

Nitric Oxide sebenarnya molekul gas radikal bebas. Tetapi jenis radikal bebas baik. Tubuh kita sendiri memproduksi nitric oxide. Hampir di semua jaringan tubuh memproduksi nitric oxide. Paling utama dibuat di dinding pembuluh darah.

Fungsinya untuk melemaskan dinding pembuluh darah, vasodilatasi atau pelebaran pembuluh sehingga memungkinkan lebih banyak darah mengalir ke jantung dan organ-organ lain. Jadi secara alami nitric oxide memang sangat berperan dalam menjaga aliran darah.

Nitric oxide juga bertindak sebagai molekul pensinyalan di antara sel-sel saraf. Selain itu, memiliki peran penting dalam sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan infeksi.Penelitian menunjukkan bahwa oksida nitrat mungkin memiliki efek pada penuaan dan umur panjang.

Sayangnya ada banyak faktor yang menyebabkan produksi nitric oxide oleh tubuh berkurang. Pertambahan usia, penumpukan plak di pembuluh darah, infeksi, nutrisi yang kurang baik dapat mengakibatkan tubuh kekuarangan nitric oxide, sehingga perlu ditambahkan dari luar.

Nitric Oxide dari ProArgi Untuk Cegah Nyeri Dada

Untuk cegah nyeri dengan nitric oxide pilihlah produk yang berkualitas. Ada banyak nitric oxide yang ditawarkan di pasaran dalam bentuk suplemen. Tetapi tidak semuanya memang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jangan salah nitric oxide yang berlebih dan tidak sesuai bisa membahayakan.

Ada beberapa efek samping dari nitric oxide bila tidak tepat kandungannya, seperti gangguan pernafasan, gangguan darah, gangguan metabolisme, tekanan darah rendah, mual muntah, diare, perdarahan, gangguan elektrolit, gangguan vaskuler dan tekanan darah rendah.

Beruntungnya Perusahaan Synergy yang sudah bergerak puluhan tahun di bidang kesehatan, kini menghadirkan nitric oxide ProArgi yang berkualitas dengan kandungan bahan lengkap. Tidak hanya mengandung nitric oxide, namun juga banyak mengandung bahan penting lainnya yang memperkuat kerja nitric oxide.

Cegah nyeri dada angina sebelah kiri dengan nitric oxide
ProArgi Synergi mengandung nitric oxide yang bagus untuk jantung (kissPNG)

Keunggulan nitric oxide ProArgi adalah mengandung L-arginin, L-strulin, resvetarol, vitamin D, vitamin K, xylitol dan nitric oxide. Semua kandungan bahan tersebut berguna untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

L-arginin

Untuk meningkatkan sirkulasi daran dan meningkatkan fungsi kardiovaskular secara menyeluruh. Menjaga tekanan darah dan kekentalan darah pada tingkat yang normal serta mengurangi beban tekanan jantung.


L-sitrulin

Berfungi untuk mengoptimalkan aliran darah ke seluruh tubuh dan dapat meningkatkan energi tubuh.

Resveratrol

Dapat mengurangi oksidasi LDL agar tidak mudah terjadi pembentukan plak. Mampu melindungi jantung dan mencegah kerusakan arteri.


Vitamin D3

Berfungi untuk membantu meningkatkan penyerapan kalsium. Memelihara kesehatan sistem kardiovaskular serat mempertahankan tekanan darah pada rentang normal.


Xylitol

Dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut yang berlebihan, memperkuat gigi dan melindungi gigi dari kerusakan.


Vitamin K2

Mendukung kepadatan mineral tulang dan meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah


Nitric Oxide (NO)

Seperti fungsi yang sudah dijelaskan, dapat memperlebar pembuluh darah, melancarkan aliran darah dan melemaskan vaskuler. Semuanya akan berperan dalam meningkatkan aliran darah ke organ vital untuk mengatur tekanan darah juga dapat menjalankan fungsi cegah nyeri dada.

Baca juga:

Nitric oxide si radikal bebas baik yang sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh

Fungsi nitric oxide inovasi baru untuk kesehatan dan kecantikan kulit

Impoten atau disfungsi ereksi, nitric oxide menjadi solusi ampuh

19 tips mudah mencegah sumbatan pembuluh darah

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Content is protected !!