SANTAN KELAPA MEMILIKI MENFAAT TERSEMBUNYI UNTUK MEMPERCANTIK KULIT

Santan kelapa memiliki manfaat tersembunyi untuk mempercantik kulit dengan kandungan nutrisi tinggi, terutama vitamin C. Dapat melindungi, melembabkan dan membuat kulit kenyal. Santan kelapa yang sering dijadikan tersangka penyebab kolesterol tinggi mempunyai manfaat special untuk digunakan sebagai bagian dari perawatan kecantikan kulit.

Ada banyak informasi keliru terkait santan kelapa, padahal di Indonesia keberadaannya berlimpah ruah, mudah ditemui di mana-mana. Bahkan sebagian besar masakan Indonesia yang sedap dan gurih pasti menggunakan bahan dari kelapa ini. Aneka kue, minuman segar, masakan sayur dan lain-lainnya banyak yang menggunakan santan.

Tidak hanya untuk masakan, sebenarnya untuk merawat diripun masyarakat Indonesia sudah biasa menggunakan santan sejak dahulu. Terutama untuk perawatan rambut indah, tebal dan hitam. Resep nenek moyang turun temurun,  terbukti banyak wanita tempo dulu memiliki rambut hitam lebat dan cepat panjang.

Santan kelapa memiliki manfaat tersembunyi untuk mempercantik kulit
Santan kelapa memiliki manfaat tersembunyi untuk mempercantik kulit (Pixabay.com)

Air Kelapa Dan Santan Kelapa

Dikenal sebagai susu kelapa mengandung banyak sekali manfaat yang dapat digunakan untuk kesehatan tubuh dari ujung rambut sampai kaki. Bangsa India sering menganggapnya sebagai ‘cairan Ajaib’ atau nariyal ka doodh dalam Bahasa Hindi. Sebutan ini bukan tanpa sebab, menurut dokter kulit Dr. Rahul Nagar. Santan dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi.

Mengandung konsentrasi asam laurat yang tinggi, dimana asam laurat juga ditemukan pada air susu ibu. Selain itu juga terdapat kandungan asam lemak rantai sedang, yang akan dirubah menjadi menjadi monolaurin saat dalam tubuh. Semua itu merupakan senyawa dengan sifat antivirus dan antibakteri”.

Keunikan Santan Kelapa

Santan sebenarnya adalah cairan yang mengandung berbagai zat nutrisi tersimpan dalam daging kelapa matang. Semakin matang semakin banyak santan yang dihasilkan. Selain memiliki santan, kelapa juga memiliki air kelapa. Jumlah air kelapa berbanding terbalik dengan santan. Ari kelapa lebih banyak pada kelapa muda, sementara santannya hanya sedikit. Sebaliknya pada kelapa tua, air kelapa menurun tetapi santannya banyak.

Kandungan air kelapa lebih tinggi gula dan elektrolit, sedangkan santan kelapa lebih tinggi kandungan asam lemak jenuh yang sehat.

Menurut Dr. Mukta Vasishta, H.O.D. Nutrisi dan Diet, Rumah Sakit Sir Ganga Ram. Air kelapa lebih tinggi kandungan gula dan elektrolit tertentu, sedangkan “air kelapa lebih tinggi dalam asam lemak jenuh yang sehat.” Karena itu dapat digunakan sebagai penganti susu.

Orang-orang Barat sudah biasa menyertakan santan kelapa pagi hari sebagai menu diet sarapan sehat para vegetarian untuk menggantikan susu.

Legenda Kisah Santan Kelapa

Ada cerita menarik yang berkaitan dengan santan kelapa. Seorang ibu yang memiliki 2 orang puteri. Sebut saja si A dan si B. Si A merupakan anak tiri dari almarhum suaminya. Sedangkan B merupakan puterinya sendiri. Sang ibu setiap hari selalu memberi kepada puteri tirinya santan mentah dengan anggapa di kepala si ibu, santan merupakan makanan yang tidak enak. Sementara untuk anaknya B selalu memberikan berbagai makanan gurih yang digoreng dengan menggunakan minyak kelapa.

Saat mereka tumbuh remaja yang terjadi pada A, tumbuh menjadi remaja yang cantik. Memiliki kuku yang kuat dan mengkilap. Kulit halus dan lembab serta rambut yang indah berkilau.  Sementara B tumbuh menjadi remaja yang wajahnya kusam, penuh jerawat, kuku yang rapuh serta rambut yang tidak sehat. Pelajari tentang rambut dan kuku yang indah menunjukkan kualitas nutrisi.

Cerita tersebut hanya sebagai ilustrasi bahwa konsumsi santan memberi hasil berbeda dengan konsumsi makanan gorengan yang mengandung minyak kelapa. Begitu juga yang terjadi kalau mengosumsi santan yang sudah dimasak untuk dijadikan berbagai campuran aneka jenis makanan.

Kandungan asam lemak jenuh sehat pada santan yang belum dimasak dapat membantu meningkatkan kadar HDL, yang dikenal juga sebagai kolesterol baik. Dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat yang sering menyebabkan darah tinggi. Santan kelapa juga dapat membantu mencegah aritmia jantung karena kandungan potasiumnya. Baca tentang 19 tips mudah mencegah sumbatan pembuluh darah.

Tetapi saat santan mengalami proses pemanasan tinggi dan berulang-ulang, maka terjadi perubahan kandungan yang justru dapat meningkatkan kolesterol darah. Hal inilah yang membuat santan kelapa dijauhi atau dibatasi konsumsinya. Intinya untuk mendapatkan manfaat santan kelapa konsumsi dalam kondisi tidak melalui proses pemanasan.

Santan Kelapa Untuk Perawatan Kulit

Santan kelapa kaya dengan aneka vitamin dan mineral penting untuk  pertumbuhan dan nutrisi sel-sel kulit. Seperti vitamin C, E, B1, B3, B5, dan B6 serta zat besi, selenium, natrium, kalsium, magnesium dan fosfor. Karena itu santan kelapa dapat dipakai sebagai bahan yang berkaitan dengan perawatan kecantikan:

1. Santa Kelapa Untuk Menghapus riasan

Setelah menggunakan riasan tebal sehabis pesta, pastinya anda membutuhkan langkah efektif untuk menghilangkan riasan secara cepat dari wajah tanpa membuat kulit wajah menjadi kering. Terutama bagi kulit sensitive. Cara praktisnya cukup tambahkan 2 bagian minyak zaitun ke 1 bagian santan pada kapas. Kemudian oleskan pada bagian riasan dan gosok dengan lembut agar tidak iritasi. Fungsi ajaibnya tidak hanya mengangkat riasan wajah namun sekaligus memberi nutrisi dan memelihara kesehatan kulit.

2. Santan Kelapa Dapat Mencegah Jerawat

Karena mengandung sejumlah mineral yang dikonversi di kulit untuk membunuh bakteri, dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Untuk anda yang memiliki tipe kulit berminyak, jangan ragu untuk menggunakan santan kelapa, karena lemak dalam santan tidak akan menyumbat pori-pori, bahkan berfungsi penting sebagai pembersih celah pori-pori.

3. Santan Kelapa Untuk Lulur Wajah

Santan juga dapat digunakan sebagai scrub wajah untuk mengangkat kulit mati secara lembut. Caranya cukup mudah, rendam oats dalam santan selama 10 menit, kemudian scrub wajah perlahan agar kulit mati mudah lepas dan menyibakkan cahaya wajah secara alami.

4. Mencegah Penuaan Dini

Santan memiliki kadar vitamin C yang lumayan tinggi untuk membantu menjaga elastisitas dan kelenturan kulit. Selain itu juga kaya mineral tembaga, fungsinya untuk mencegah keriput, kulit kendur dan bintik-bintik penuaan. Lakukan tindakan merawat wajah untuk mencegah penuaan dengan cara mudah. Hanya perlu merendam 6-7 almond dalam semalam. Pagi harinyan kupas kulit luar yang masih tersisa. Kemudian, giling menjadi pasta yang halus, lalu tambahkan 5-6 tetes santan. Aduk rata dan oleskan pada wajah selama 15 menit. Lalu bersihkan wajah dan bilas dengan air dingin.

5. Mengobati sengatan matahari

Penggunaan santan pada area kulit yang terbakar sinar matahari dapat membantu penyembuhan efek terbakar secara cepat karena sifat anti-inflamasinya. Ini membantu dengan mendinginkan kulit dan mengurangi rasa sakit, bengkak dan kemerahan.

Santan kelapa memiliki manfaat tersembunyi untuk mempercantik kulit
Santan kelapa memiliki manfaat tersembunyi untuk mempercantik kulit (KissPNG)
6. Melembabkan Kulit

Pasti semua pernah mendengar tentang mandi susu, yang pada jaman dahulu kala digunakan oleh ratu Mesir tercantik untuk merawat kulitnya. Cara gampang untuk mandi susu, cukup dengan menggunakan santan sebagai gantinya. Santai merupakan pelembab yang bagus untuk permukaan kulit karena sifatnya yang menenangkan.

Oleskan santan ke kulit secara langsung selama 20-30 menit untuk memerangi kekeringan dan meningkatkan kesehatan kulit. Dapat juga dengan menambahkan 1 cangkir kelopak mawar, ½ gelas air mawar, dan 1 cangkir santan ke air suam-suam kuku dalam sebuah bak. Berendam dalam bak tersebut selama sekitar 15 menit untuk membantu mengembalikan kelembapan pada kulit kering.

Bisa juga dengan cara lain, yaitu dengan menggiling 1/2 cangkir oatmeal kuno kemudian campurkan dengan 1-2 cangkir santan dan 1 sendok makan madu. Oleskan pada kulit secara marata. Anda tidak menyangka hasil yang akan anda peroleh. Ramuan tersebut Ini bekerja dengan sangat menakjubkan dalam upaya membuat kulit tampil sehat.

7. Mengobati Penyakit Kulit

Gunakan secara lembut santan memberikan efek pelembab yang sangat baik dalam kondisi kulit kering seperti eksim, dermatitis dan psoriasis. Asam lemak alami dalam santan membantu merawat kulit kering dan teriritasi serta menghilangkan bakteri berbahaya. Demikian penjelasan tentang santan kelapa memiliki manfaat tersembunyi untuk mempercantik kulit.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Shares
error: Content is protected !!