KULIT KENYAL CANTIK DENGAN DULSE SI GANGGANG KIPAS MERAH

Kulit kenyal cantik dengan dulse si ganggang kipas merah yang berasal dari Samudera Atlantik dan laut Mediterania.  Laut memang menyimpan misteri harta kekayaan nutrisi luar biasa yang semakin banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan dan merawat kecantikan kulit.

Mempunyai nama latin Rhodymenia palmate, ternyata ganggang merah ini sudah dikonsumsi sejak 600 M di Eropa Utara. Digunakan juga sebagai obat tradisional untuk tonik, detoksifikasi, menyembuhkan sembelit karena serat tinggi dan mengobati masalah kulit karena kemampuannya mempercepat perbaikan jaringan dengan kandungan protein tinggi.

Bentuk tipis dan lebar menyerupai kipas pendek berwarna ungu-merah, dapat tumbuh subur di daerah pasang surut di bebatuan, kerang, dan menempel pada ganggang yang lebih besar. Dapat dipetik langsung di tepi pantai untuk dikonsumsi mentah, dipanggang, direbus, digoreng atau dikeringkan. Bahkan dijadikan salad dan topping makanan sehat.

Sangat banyak kandungan vitamin dan mineral, seperti yodium, kalsium, natrium, seng, kobalt, fosfor, magnesium, lutein, besi,  vitamin C, B, A, beta karoten, alfa karoten, beta crytosantin dan beta cryptosantin, serta masih banyak nutrisi lainnya. Sehingga dikategorikan sebagai bahan makanan antioksidan tinggi.

Kulit kenyal cantik dengan dulse si ganggang kipas merah
Kulit kenyal cantik dengan dulse si ganggang kipas merah (KissPNG)

Nutrisi Dulse Untuk Kulit Kenyal Cantik

Kulit kenyal cantik sangat dipengaruhi oleh apa yang anda makan.  Karena kulit selalu memperoleh bagian yang paling akhir, maka saat bagian tubuh lain kekurangan nutrisi, sudah dipastikan kulit lebih kekurangan dan menderita.

Tak heran kulit tampak kering, kusam, sensitive, mudah keriput dan hilang kekenyalan saat nutrisi tubuh tidak mencukupi.  Kulit sangat membutuhkan sejumlah protein, vitamin dan mineral untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Terutama fungsi mempertahankan kelembapan agar tetap kenyal. Berita baiknya semua kandungan bahan yang dibutuhkan kulit terdapat dalam ganggang laut merah ini dengan komposisi sangat tinggi.

Kulit kenyal cantik dengan dulse si ganggang kipas merah
Kulit kenyal cantik dengan dulse si ganggang kipas merah (KissPNG)

Tantangan Memperoleh Kulit Sehat

Karena kulit merupakan organ pelindung tubuh yang berhadapan langsung dengan lingkungan luar, maka kulit adalah bagian yang paling rentan mengalami kerusakan akibat kondisi luar yang buruk. Kini kita akan semakin sulit menghindari yang namanya radikal bebas. Padahal radikal bebas paling berpotensi merusak kulit.  Radikal bebas merupakan zat yang sangat reaktif mencari elektron pada sel-sel kulit sehat kemudian menimbulkan kerusakan kulit secara permanen.

Bagaimana mekanisme radikal bebas di atmosfer dapat merusak kulit? yaitu dengan mencoba mengambil elektron yang terdapat pada dinding sel kulit. Ketika itu terjadi, maka dinding sel kulit rusak. Kerusakan yang dapat mencapai inti sel. Akibatnya terjadi kerusakan pada DNA kulit. Inilah bencana yang menakutkan untuk kulit. Karena proses penuaan akan semakin cepat. Ini disebut teori radikal bebas penuaan.

Kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas dapat muncul dalam beberapa bentuk, seperti perubahan warna kulit (bintik-bintik coklat dan pembuluh darah yang pecah). Kulit menjadi melemah yang terlihat longgar dan kendor akibat serat elastis yang rusak. Radikal bebas juga dapat memecah kolagen kulit dan membuat keriput.

Ganggang merah dulse dengan kekayaan kandungan nutrisi yang luar biasa, berfungsi sebagai antioksidan kuat  untuk melawan radikal bebas. Adanya antioksidan dapat menyapu bersih keberadaan si radikal bebas di sekitar sel kulit.

Kulit kenyal cantik dengan dulse si ganggang kipas merah
Kulit kenyal cantik dengan dulse si ganggang kipas merah (KissPNG)

Makna Dari Kulit Kenyal Cantik

Kulit kenyal cantik pasti karena kondisi kulit yang sehat secara keseluruhan. Kulit kenyal dapat di pastikan dengan menarik kulit seperti mencubit lalu dilepaskan kembali. Apabila terlihat pengembalian kulit secara mudah dan cepat setelah ditarik maka dapat dipastikan kulitnya kenyal. Kulit yang tidak kenyal akan berkerut dan kembali dalam waktu yang lama.

Kulit kenyal cantik menunjukkan kondisi kolagen yang sangat baik. Keberadaan kolagen sangat dipengaruhi oleh kandungan nutrisi bergizi, terutama protein. Kolagen ini sendiri dapat rusak oleh faktor radikal bebas. Tampilan kulit kenyal tentu membuat kulit terlihat cantik dan sehat.

Cara Kerja Dulse Membuat Kulit Kenyal Cantik

Dengan lengkapnya berbagai nutrisi yang dibutuhkan kulit maka secara langsung akan meningkatkan kualitas kulit melalui berbagai mekanisme seperti

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Aliran darah yang lancar ke kulit membuat pengiriman makanan untuk pertumbuhan sel kulit menjadi lancer. Zat nutrisi untuk pembuatan kolagen, pembentukan sel baru, perbaikan sel rusak, perlindungan sel terpenuhi dengan baik, yang pastinya membuat kulit menjadi kenyal cantik.

2. Meningkatkan sirkulasi getah bening

Bersamaan dengan lancarnya aliran darah juga melancarkan aliran limfe, untuk mengangkut pembuangan limbah baik dari hasil metabolisme juga dari zat racun yang dapat merusak kulit.

3. Menetralisir radikal bebas

Kandungan bahan antioksidan tinggi dalam daun dulse membuat sel-sel kulit mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas

4. Mendetoksifikasi kulit

Dengan lancarnya aliran darah dan limfe meningkatkan pembuangan zat racun, bahkan zat radikal bebas yang akan merusak kulit. Semakin lama menumpuk di sekitar sel kulit potensi kerusakan yang terjadi semakin tinggi. Proses detoksifikasi menjadi cara ampuh untuk membersihkan kulit dari bahan berbahaya. Dulse yang berasal dari laut juga mengandung sejumlah mineral yang dapat mengikat bahan beracun.

5. Meningkatkan produksi kolagen

Kandungan protein tinggi dan sejumlah vitamin yang terdapat dalam daun dulse mampu menyediakan sumber protein yang baik untuk pembentukan kolagen dalam rangka mempertahankan kekenyalan kulit.

Jadi ada banyak cara bagaimana ganggang merah mempertahankan kekenyalan kulit dan menjaga agar selalu sehat. Tentu akhirnya membuat proses penuaan kulit menjadi lambat. Kini anda tidak perlu ragu lagi untuk memperoleh kulit kenyal cantik dengan dulse si ganggang kipas merah.

Baca juga:

Mengalami dehidrasi wajah? ini cara mudah melembabkan kembali

Santan kelapa memiliki manfaat tersembunyi untuk mempercantik kulit

Pembuluh limfe lancar membuat wajah membuat wajah cantik bersinar dramatis

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Shares
error: Content is protected !!